CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

03 Mei 2019

Rencana Renovasi Dan Pembanguan Menara Masjid Agung SMB II Palembang

Rencana renovasi dan pembuatan Menara Masjid Agung SMB II yang awalnya di rencanakan ada 2 buah 

Pada kurun tahun 1966-1969 dibangun lantai kedua. Luas mesjid menjadi 5.520 meter persegi dengan daya tampung 7.750 jema’ah. Pada tanggal 22 Januari 1970 di mulailah pembangunan menara ke dua dengan ukuran tinggi 45 meter berbentuk persegi 12 yang di biayai oleh pihak Pertamina  yang bekerjasama dengan Yayasan Masjid Agung Palembang.

Pada awalnya untuk pembangunan menara di rencanakan sebanyak 2 buah buah dengan tinggi dan bentuk yang sama, sesuai dengan gambar rencana dan maket yang di buat, tetapi dengan kondisi yang belum memungkinkan saat itu membuat hanya ada 1 menara yang bisa di bangun. Penyerahaan atau peresmian masjid agung Palembang sendiri di lakukan pada 4 Maret 1971  atau pada 6 Muharam 1391 H oleh Direktur Pertamina saat itu Letjend DR. H Ibnu Sutowo. 

Menara dengan gaya asli Cina tersebut masih dipertahankan sampai sekarang. Masjid ini sangat khas dengan tradisi Palembangnya. Sebagian besar kayu yang terdapat di arsitektur masjid memiliki ukiran khas Palembang yang disebut Lekeur.

Maket dari masjid Agung SMB II setelah di renovasi dan di bangun Menara
Sumber Foto : Barpusdok Palembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...