CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

08 Mei 2019

Perkembang Dealer & Bengkel Vespa "Lawas" Di Palembang

Bengkel Vespa di kawasan Jl. Veteran ( Sumatera Motor ) era tahun 1970-an
Foto : Ig Piaggiopalembang

Vespa masuk ke Indonesia pada tahun 1960 melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) PT Danmotors Vespa Indonesia/DVI di Pulo Gadung Jakarta yang sekarang sudah tidak aktif lagi (sekarang dipegang oleh PT Sentra Kreasi Niaga/SKN sebagai dealer utama saja. Note: Bukan importir atau distributor eksklusif).

Sumatera motor saat ini
Foto  : Ig Piaggiopalembang
Walaupun pada sebelumnya vespa pada tahun 1950 sudah juga masuk ke Indonesia melalui jalur pemuka agama kristiani (Pastor) yang di tugaskan di penjuru Indonesia termasuk di Palembang, hal ini di buktikan masih banyak beredarnya vespa lansiran era 50-an yang masih mengaspal di kota Palembang ini.

Vespa saat itu mempunyai prestise yang sangat tinggi, terbukti dengan harga vespa saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe standar. Seiring dengan penetrasi Honda ke pasar dunia yang turut menggoyahkan berbagai merk motor, Indonesia ternyata tidak luput dari fenomena tersebut. Vespa menjadi salah satu merk sepeda motor yang ‘tergusur’ oleh motor Jepang, meski pada awalnya harga vespa Sprint saat itu bahkan sedikit lebih mahal daripada motor Honda CB 200 Twin Cakram yang saat itu merupakan motor Honda paling mahal.

Di Palembang sendiri pada era tahun 1960 s.d 1980-an  banyak dealer dealer vespa yang berdiri di kota ini yang mulai menjual produk vespa yang sangat variatif, seperti yang ada di kawasan sudirman yaitu Cahaya Motor yang cukup di kenal di kota ini sebagai salah satu dealer vespa dengan stiker C dan obornya, atau di kawasan Plaju dan juga di daerah 7 ulu juga terdapat dealer vespa selain berfungsi sebagai sentra penjualan dan sekaligus berfungsi sebagai bengkel service motor vespa dan pengadaan sparepart. Termasuk salah satunya di kawasan Jl. Veteran yaitu sumatra motor  dan roma motor juga merupakan bengkel dan dealer motor vespa yang ada di kota ini. 

dealer resmi vespa palembang exs Cahaya
 Motor yg skrg masih aktif walau hanya
menjual sparepart original vespa saja
Foto : Google
Walaupun sejak tahun  tahun 1985-an produk vespa yang melansir vespa exclusive dan exel , tidak mampu lagi bersaing dengan kekuatan motor Jepang yang makin banyak dan murah, kemudian image motor vespa pun turut menurun di karenakan banyaknya detail obat yang memakai motor ini sehingga orang melihat vespa ini sebagai "Motor detail obat", sehingga pada tahun 2004 merupakan masa suram dari dealer vespa yang ada di Palembang yang  menyebabkan sepinya pembeli dan penurunan omzet di setiap dealer sehingga satu persatu dealer tersebut tutup, bisa di sebut Cahaya motor merupakan dealer yang paling akhir mengakhiri usahanya sebagai dealer vespa di Palembang, dan pada 2005 beralih usaha menjadi bengkel vespa dengan nama Ampera Motor di Jl. Kebon  jahe atau di belakang trijasa yang belakangan ini hanya menjual suku cadang dari vespa saja.

Walaupun pada saat ini tahun 1996 Vespa sendiri sudah mengluarkan inovasi produk baru yaitu ET2/ET4  yang di harapkan bisa bersaing dengan produk Jepang yang sudah merajai pasaran kendaraan roda 2 yanga ada di kota Palembang, tetapi kendala di masyarakat adalah mahalnya  harga produk vespa matic ini .

Tapi motor lawas yang bermesin kanan ini memiliki tempat di hati setiap penggemarnya, tak heran jika uang bukan masalah bagi sang pemilik yang sudah terlanjur menekuni hobi dengan barang klasik yang satu ini, walau barang lawas tapi untuk perjalanan jarak jauh vespa masih tetap di atas, sudah banyak berita kalau vespa bisa melakukan  keliling Indonesia bahkan keliling dunia.

Untuk saat ini dealer vespa yang ada di Palembang terletak di Jl, AKBP Cek Agus (Golf) yaitu Piaggio Union Motor yang menjual motor vespa yang sudah menganut sistem matic.

Adapun bengkel yang menangai vespa lawas selain ampera motor, banyak di lakoni oleh anak-anak club yang memiliki kecintaan dengan vespa, seperti bengkel mas udin di Lr. Jambu yang merupakan anak vespa KBS (King's Blues Scooter), atau di kawasan Jl Basuki rahmat ada toyo motor spesialis las karbit untuk bodi motor vespa sama seperti di jalan masuk cinde, atau ada juga di samping flyover polda samping gedung penanaman modal daerah, atau di kawasan pajko ada bengkel vespa yang di gawangi oleh anak SOG Palembang, masih ada juga di jalan radial tepat di seberang transmart dan beberapa tempat lainnya di Palembang.

Untuk sparepart di Palembang sendiri sudah sangat susah mencari yang ori yang keluaran PT. Dan Motor, yang ada di pasaran paling-paling merk ricambi, Fitalia, Vesgio, buana motor dan lain-lain, sehingga itulah anak vespa biasanya mencari secara online untuk kebutuhan sparepart yang berkualitas baik.  Di Palembang sendiri untuk sparepart sendiri bisa di cari di Roma motor walaupun harga selangit, atau bisa di cari di sumatra motor, jakarta motor di kawasan ex Ciniplex pasar cinde, atau jayakarta motor di prumnas kenten, atau bisa di cari di penjual sparepart motor di jl. Jenderal Sudirman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...