CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

14 Maret 2019

Penukaran Uang Robek di BI Palembang


Dapat pengalaman baru hari ini yaitu Penukaran uang yang sudah robek di Bank Indonesia Palembang, beberapa hari yang lalu kebetulan melakukan penarikan ATM di salah satu SPBU , saat melakukan penarikan pecahan 100 ribu tersebut keluar dengan aman kecuali yang selembar ini, hanya ada 2/3 nya walaupun kondisi uangnya masih dalam keadaan bagus. 

Setelah kejadian tersebut, saya langsung menuju ke BI yang masih satu arah dari ATM tempat saya mengambil uang. Tidak sampai 5 menit sampailah saya ke BI Palembang di Jl. Jend Sudirman. "Siang.... Pak, mau tanya untuk Penukaran uang yg robek di mana pak? " Tanya ku ke security yg menjaga pos samping BI. 
"Siang Pak, didalam... Tapi Penukaran hanya di lakukan setiap hari Kamis saja" Jawab security
"Bisa lihat uang nya pak? " Tanya security tersbut. 
"Bisa pak" Jawabku sambil menyerahkan lembaran uang robek kepada security tersebut. 
"Ini bisa pak.... Karena masih 2/3... Tapi nanti hari Kamis pagi datangnya" Kata security tersebut sambil melipat-lipat uang robek tersebut yg di ukur dengan uang yg masih bagus. 

Pada hari ini Kamis (13/3) pukul 08:30 saya meluncur ke BI Palembang, setelah parkir kendaraan, saya menuju ke lokasi tempat penukaran uang yang ditunjukan oleh security tadi. Dari parkiran harus berjalan sedikit letaknya berada di basement gedung BI Palembang sebelah kiri. Setelah masuk keruangan Penukaran uang tersebut, maka security tersebut berkata: 
"Kalau hanya 1 lembar sampai 2 brood, bisa langsung saja pak di loket 3 & 4 tidak perlu nomor antri"

Loket penukaran uang BI Palembang
Operasional Penukaran uang baru di lakukan pada pukul 09:00 tepat petugas berseragam coklat dan menggunakan masker langsung menempati loket masing-masing. orang-orang yang mau menukar kan uang sudah antri sejak pukul 8 pagi, kalu di lihat banyak juga dari daerah dan juga pedagang-pedagang yang melakukan transaksi di pasar-pasar. Uang yg lusuh, rusak semuanya di cek satu persatu oleh petugas BI dengan teliti. 

Ada juga uang yang di tolak Penukarannya karena robek melebihi 2/3 uang utuh, atau nomor seri yang hilang dan lain sebagainya, alhamdulilah setelah di ukur uang dan di teliti oleh petugas BI, uang tersebut langsung di ganti dengan yg baru. Tidak sampai 5 menit kok dari sejak loket di buka sampai selesai penukaran.

Di kutip dari :  http://www.hipwee.com/  Kenali dulu seperti apa sih uang yang disebut tidak layak edar. Ternyata terbagi tiga, Rupiah Lusuh, Rupiah yang Sudah Dicabut dari Peredaran, dan Rupiah Rusak   
" Rupiah yang ukuran dan bentuk fisiknya tidak berubah dari ukuran aslinya, tetapi kondisinya telah berubah yang antara lain karena jamur, minyak, bahan kimia, atau coretan. (UU N0.7 Tahun 2011, Pasal 22 Ayat 3)."

Sedangkan uang cacat merupakan uang yang memang sudah cacat dari percetakannya. Kedua tipe uang tidak layak edar ini bisa ditukarkan asal keasliannya masih dapat dikenali.

Rupiah yang dicabut dan ditarik dari peredaran
Uang lama yang sudah tidak berlaku, masih bisa ditukarkan hingga 10 tahun sejak secara resmi ditarik dari peredaran. Sama dengan uang lusuh dan cacat sebelumnya, asalkan masih bisa dikenali keaslian uangnya.

Rupiah Rusak 
Rupiah yang ukuran atau fisiknya telah berubah dari ukuran aslinya yang antara lain karena terbakar, berlubang, hilang sebagian, atau Rupiah yang ukuran fisiknya berbeda dengan ukuran aslinya, antara lain karena robek atau uang yang mengerut. (UU N0.7 Tahun 2011, Pasal 22 Ayat 3).

Khusus untuk Rupiah Rusak, bentuknya minimal masih harus utuh 2/3-nya dan  nomor seri uangnya masih bisa terlihat. 

Penukaran Via Bank Pemerintah Lainnya

Untuk penukaran ke bank pemerintah lainnya seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan lain-lain yang di lakukan adalah  :

Pertama, teller tersebut mengecek uang sobek di tunjukkan, lalu dia menjelaskan bahwa uang robek tersebut harus memiliki nomer seri utuh yang masih terbaca dengan jelas. 

Untuk di bank pemerintah lainnya, bahwa jika penukaran uang robek tersebut di setujui maka tidak bisa langusung di ganti dengan uang yang baru, melainkan harus di setorkan ke rekening aktif pada bank yang bersangkutan melakukan penukaran uang robek tersebut.

Jadi, jika kita mendapatkan uang kertas yang sobek, langkah-langkah yang dapat kita lakukan jika di tukarkan di bank pemerintah lainnya adalah:
  • Mengecek nomer seri uang tersebut apakah masih utuh atau tidak.
  • Datangi kantor bank milik pemerintah Indonesia terdekat.
  • Mengantri di bagian teller sekaligus mengisi form setoran.
  • Tunjukkan uang robek tersebut kepada teller.
  • Setorkan uang robek tersebut ke nomer rekening pribadi yang masih aktif.
Mungkin sebenarnya banyak orang yang tahu kalau uang lama atau uang rusak bisa ditukarkan di Bank Indonesia, tapi kayaknya baru sedikit deh orang yang mempraktikkannya. Entah karena malas harus jauh-jauh pergi ke bank atau tidak yakin uang ‘rusak’-nya masih berharga dan bisa ditukar. 

Padahal uang tidak layak edar itu emang seharusnya ditukar dengan yang layak edar. Jadi setelah paham ketentuannya, jangan ragu lagi untuk menukarkan uang tidak layak edarmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...