CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN. MOHON MAAF....BLOG INI LAGI MENGALAMI GANGGUAN SAAT MIGRASI DARI HTTP KE HTPPS, SEBAGIAN GAMBAR MENJADI TIDAK BISA MUNCUL.

11 Oktober 2015

Kue Gunjing

Resep Kue Gunjing Lembut Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Gunjing adalah kue basah tradisional jajanan yang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan, kelapa parut, tape ( bisa tape dari ubi kayu atau tape dari beras ketan/beras yang diberi ragi ) yang dimasak dengan cara dipanggang di cetakan khusus yang bernama cetakan gunjing. gunjing atau kue gonjing memiliki dua rasa istimewa ada yang gurih yaitu gunjing putih dan manis yang berwarna merah ( gunjing merah ), dimana gunjing merah dalam adonannya di tambahkan gula merah, kue gunjing sepintas mirip dengan resep kue pukis namun perbedaan nya sangat jelas yaitu pada cetakan dan rasanya, gunjing terasa lebih padat dan bentuknya terlihat tebal dan berisi tapi teksturnya tetap lembut dan empuk.

Gambar Gunjing Putih Rasa Asin Gurih 

Perbedaan dengan kue gunjing jawa terletak pada tape atau tapai tadi kalau kue gunjing itu tanpa tape, sedangkan gunjing rejang lebong, kepahyang, curup, dan lintang empat lawang muara pinang dusun babatan rasanya lebih spesial menggunakan tape terkadang menggunakan duren untuk yang rasa manis, memang kue gunjing memiliki varian dua rasa, rasa asin gurih dan rasa manis legit.

Jika musim durian tiba hore kue gunjing merah ini di tambahkan dengan durian Asik, sehingga rasa dan aromanya berasa durian. Proses pembuatan gunjing khususnya dalam pembuatan adonan perlu kehati-hatian, karena bila tidak hati-hati dalam memberikan tapenya, gunjing akan terasa asam / kejut. namun sekarang banyak gunjing yang dicetak dengan cetakan kue pukis atau resep kue cubit sehingga bentuknya tidak seperti gunjing-gunjingan asli khas rejang.

Gambar Kue Gonjing Pandan Hijau 

Kue gunjing sudah menjadi menu sarapan sehari-hari di pagi hari teman minum kopi hitam bagi masyarakat curup/rejang, kepahiang, bengkulu, pagar alam, palembang, lubuk linggau, dll, jika di sunda, bandung, jawa barat ada resep kue pancong. duduk diberanda ditemani dengan segelas kopi panas dan gunjing itulah ciri khas masyarakat rejang dulu dalam menikmati sarapan paginya sebelum berakangkat beraktifitas berdagang di pasar dan di kalangan, berkebun dan profesi lainnya. Tertarik untuk bikin kue gunjing sederhana ala rumahan? Berikut resep lengkap, mudah dan praktis tanpa ribet.


RESEP KUE GUNJING

BAHAN : 
125 gram atau 1 gelas tepung beras 
65 gram atau 1/2 gelas tepung ketan 
1 butir kelapa, parut kasar 
1 sendok teh garam 
250 cc atau 1 gelas air 

CARA MEMBUAT KUE GUNJING : 
Campur tepung beras, tepung ketan, kelapa parut, dan garam. Aduk rata. 
Tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata dan menjadi adonan yang licin. 
Tuang ke loyang 18x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. 
Oven 45 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang atau tanpa oven panggang dengan cara tradisional di dalam cetakan gunjing bisanya terbuat dari kuningan. 
Sajikan untuk 12 potong. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...