CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

05 Agustus 2008

Telok Ukan

Telok Ukan



Makanan yang ada saat Agustusan di palembang ini selalu setia menemani "Telok Abang" walaupun namanya tidak sepopuler telok abang tetapi rasa makanan ini sangat menarik, seperti serikayo tetapi rasanya tidak manis.

Konon, Telok Ukan adalah makanan asli yang sudah ada sejak lama. Orang palembang lainya ada yang menyebut nya Telok atau Bukan,  jenis makanan ini bisa dikatakan hampir “punah” karena sudah jarang orang yang menjual/membuat makanan ini, yang biasanya mulai ramai di jual saat 17 Agustus-an saja di sepanjang jalan Merdeka.

Proses pembuatannya sama seperti pembuatan srikaya, yang sebagaian informasi yang di dapat adalah cikal bakal perubahan pembuatan kue srikaya yang manis. Telur bebek di lubangi cankangnya dan di keluarkan isinya dlalu dicampur atau di kocok dengan aneka bumbu seperti pandan dan santan dan di tambah sedikit kapur sirih. Setelah itu dimasukkan kembali ke cangkang telur melalui lubang kecil tadi lalu di tutup dengan gabus lalu dikukus dengan api kecil kurang lebih 30 menut, jika sudah selesai telok ukan ini bisa langsung di santap atau dimakan dengan ketan sepit, 

Untuk mencari telok ukan ini tidak setiap tempat, hanya di hari-hari tertentu saja seperti 17 Agustusan saja, kecuali di kawasan pasar 10 ulu setiap sore ada satu tempat yang menjual telok ukan, telok pindang ini ataupun ketan sepit setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...