CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

09 November 2007

Sejarah Kamar Bola Seberang Ilir Palembang


Kamar Bola dengan latar belakang watertoren Sumber Kitlv.nl
Kamar Bola di Palembang tahun 1935 Sumber Kitlv.nl

Umbul-Umbul Di  Societeit saat ulang tahun Putri Juliana 1930 Sumber Tropenn museum

Societeit atau yang sering di kenal dengan "kamar bola" atau "Rumah bola" (permainan bola bowling) yang terletak di Seberang Ilir atau tepat di belakang kantor ledeng, yang di lengkapi dengan balai pertunjukan (schrowburg) dimana tempat ini juga untuk para orang-orang Belanda berdansa sehingga pada perkembangnnya pada tahun 1928 menjadi bioskop Luxor.

Setelah zaman kemerdekaan bangunan ini pun beralih fungsi sebagai tempat hiburan orang Palembang di mana pada tahun 70-80 an tempat ini di kenal dengan nama Bioskop Intium/Mustika, dan sebelumnya pernah juga menjadi Gedung Pemuda dan Pramuka.

Tetapi seiring waktu bioskop tersebut di tutup dan sekarang gedung ini di kelolah oleh KODAM II/SWJ sebagai Balai Prajurit. Dan fungsi gedung ini juga bukan hanya sebatas acara meliter tetapi juga di berdayakan sebagai  salah satu tempat untuk mengadakan acara pernikahaan dan acara-acara lainnya.

Kamar Bola selain di Seberang Ilir juga terdapat di seberang ulu yaitu di komplek pertamina yang sekarang di kenal dengan Gedung Patra Ogan.

Kamar bola saat ini  Setelah mengalami beberapa kali" Balai Prajurit" Tahun 2009
Sumber Foto Lama : kitlv.nl dan Tropen Museum

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...