CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

10 Januari 2017

Sejarah Hotel Swarna Dwipa

Hotel Swarna Dwipa Tahun 1990 Sumber foto : Indiegangers.nl

Hotel Swarna Dwipa Tahun 1990 Sumber foto : Indiegangers.nl

Tahun 2008

HOTEL SWARNA DWIPA

“Hotel Buijs” yang sekarang menjadi "Swarna Dwipa",  begitulah menyebut hotel yang terletak di Jalan Tasik yang berhadapan langsung dengan kambang iwak besak yang awalnya merupakan mess PT. Stanvac  dengan ciri khas baling-baling pesawat terbang yang kemungkinan maksudnya untuk tempat menginap para pilot penerbang stanvac.

Kebersihan dan kesehatan sanitasi hotel “de Boer” selalu di jaga seperti melakukan voging atau penyemprotan anti nyamuk di halaman hotel per 2 kali sehari.

Hotel ini juga dekat dengan hotel smith atau hotel sehati yang juga tidak jauh dengan zwembad /kolam renang “Garuda” yang ada di jalan hangtua, karena berhadapan dengan kambang iwak besak suasana asri dan udara yang segar dan saat sore menjelang,  tanah lapang di dekat kambang iwak menjadi tempat anak-anak bermain bola atau permainan lainnya.

Tidak sembarang orang saat itu untuk melaksanakan acara di hotel tersebut, orang-orang yang sudah di cap sebagai orang kaya yang bisa. Tahun 1950 an saat Nasionalisasi yang di canangkan oleh Bung Karno maka mess stanvac ini di ambil alih oleh pemda menjadi hotel swarna dwipa.

Sumber tulisan : Facebook Bpk. Rozali Ali Yasin dan beberapa sumber lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...