CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

20 Oktober 2016

Roti Komplit Parman Palembang

Roti Komplit Parman
Salah satu kuliner yang cukup enak untuk di nikmati adalah Roti Komplit Parman, walaupun bukan makanan sehari-hari dan khas dari penduduk kota ini tapi merupakan salah satu tujuan untuk wisata kuliner. Mengapa di sebut roti komplit parman, karena lokasi penjualan nya ada di gang kecil kebetulan di samping toko penjahit parman di jalan Jenderal Sudirman Palembang.

Toko Penjahit Parman  Lorong sebelahnya
tempat pedagang roti komplit berjualan
Roti komplit yang sudah ada sejak akhir tahun 1970-an ini dagangan yang sudah di turunkan dari generasi ke generasi, usaha yang sudah dirintis sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Dulu orang tua kami sering mengajak kami untuk membeli roti komplit ini di karenakan rasa yang di sajikan "asli" tanpa ada pemanis buatan. Dan saat ini yang menjualnya adalah orang tua dari yang memiliki usaha roti komplit ini, karena orang tuanya sudah meninggal sehingga usaha roti komplit ini di teruskan oleh anak-anak beliau.

Roti bantal yang khas, selai, kacang merupakan hal yang tidak berubah sampai dengan saat ini begitupun dengan tekstur roti dan rasa sama- saat seperti dulu. Dengan bungkus kertas kopi kemudian bungkus lagi dengan plastik rotinya menjadikan kemasan khas dari roti komplit parman ini.

Rasa yang di tawarkan oleh penjual roti ini dari dulu hanya ada 2 yaitu paduan dari margarine dan selai stroberry yang berwarna merah dan selai coklat di padu dengan kacang tanah yang sudah di tumbuk kasar + mesis, dari sejak dulu tidak ada penambahan rasa lagi selain dua di atas walaupun persaingan dengan roti bakar atau roti komplit yang menawarkan berbagai macam isian.

1  roti di potong menjadi 8 bagian 
1 buah roti komplit ini di potong menjadi 8 bagian, dibandrol dengan harga Rp. 20.000,- (dua puluh ribu Rupiah) sesuai dengan ke nikmatan yang akan di dapat dari roti komplit tersebut.

Dan satu lagi yang menjadi ciri roti komplit ini bahwa ia tidak di bakar berbeda seperti roti bakar bandung yang banyak terdapat di kota ini. Dan Penjual roti komplit banyak di temui di sepanjang jalan Sudirman dan merdeka, begitu juga di kawasan KM 5 dan jl. Demang Lebar Daun

Pedagang roti komplit parman ini buka menjelang Magrib tepat di lorong kecil di sebelah toko Penjahit Parman di Jalan Jendral Sudirman Palembang sebelum toko martabak HAR, dan waktu tutupnya juga tidak tentu karena banyak pembeli yang antri terkadang jam 8 malam sudah habis atau paling telat jam 10 malam.

Yang unik lagi kebanyakan yang membeli roti komplit di sini adalah generasi-generasi yang dahulu orang tuanya atau keluarganya membeli roti komplit di sini, sehingga banyak yang sekarang mereka membawa anak-anak mereka untuk membeli roti komplit parman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...