CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

11 September 2016

Sekolah Kepandaian Puteri (SKP) Palembang

Sekolah Kepandaian Putri (SKP) Jl. Gubah Palembang tahun 1950-an sumber : https://www.facebook.com/andi.s.kemas
SEKOLAH KEPANDAIAN PUTERI (SKP) ada 2 macam yaitu SKP 2 tahun dan SKP 4 tahun, SKP 2 tahun menerima siswi dari lulusan SR, pendidikannya khusus tentang kerumah tanggaan,setelah selesai dari SKP 2 tahun di harapkan seorang wanita dapat menjadi ibu rumah tangga yang baik.

Perkembangannya adalah sebagai berikut pada tahun 1955 terdapat 60 SKP 2 tahu, tapi pada tahun 1960 menurun menjadi 46 buah.

SKP 4 tahun mempunyai jangkauan lebih luas, para lulusannya di samping dapat menjadi ibu rumah tangga yang baik mereka dapat juga bekerja mencari nafkah sesuai dengan jurusannya, bagi yang ingin sekolah lagi lulusan SKP 4 tahun dapat melanjutkan SGKP, SGTK dan sekolah bidan.

Melihat jangkauan dari luasnya, maka pendidikan SKP 4 tahun ini pada 2 tahun pertama berisikan pendidikan kerumah tanggaan dan 2 tahun berikutnya sepesialisasi kejuruan seperti memasak, menjahit, menghias, kain, membatik, menenun.  

Perkembangan SKP 4 tahun ini sebagai berikut pada tahun 1950 terdapat 63 buah dan pada tahun 1960 menjadi 121 buah.


Sama seperti di daerah lain di Palembang pun sekolah kepandaian putri (SKP) juga di dirikan dengan menggunakan bangunan sekolah tahun 1920-an eks Belanda di kawasan Jl. Gubah Palembang, aktivitas SKP Palembang hingga tahun 1980-an pun terhenti karena di lakukan pembongkaran gedung dan di jadikan SMP Negeri 13 Palembang.

Sumber tulisan  di rangkum dari berbagai sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...