CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

28 Agustus 2016

Sepak Bola tahun 1924

Sumber foto : andi.s.kemas

elanda adalah salah satu negara Eropa yang memiliki banyak klub dan timnas yang disegani oleh lawannya di percaturan sepak bola dunia. Banyaknya klub raksasa inilah yang menjadi bukti kalau olahraga ini sangat digemari oleh sebagian besar warga Belanda. Sepak Bola pertama kali diperkenalkan oleh Pim Mulier di abad ke 19. Pada tahun 1879, di usianya yang ke- 14, ia mendirikan Haarlemsche Football Club. Perkembangan yang sangat pesat segera tercipta sejak pertama kali diperkenalkan kembali.

Sepakbola mendapatkan popularitas di Belanda dan akhir tahun 1890-an dan awal 1900, mulailah muncul klub-klub baru yang terbentuk.  Amsterdamsche Football Club Ajax didirikan pada tahun 1900, klub Feyenoord Rotterdam berdiri pada tahun 1908 dan PSV Eindhoven pada tahun 1913. Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) didirikan pada tanggal 8 Desember 1889 dan bergabung dengan FIFA pada tahun 1904 sebagai salah satu anggota pendiri bersama Asosiasi Sepak Bola Perancis, Belgia, Denmark, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Profesional sepak bola diperkenalkan di Belanda pertama kali pada tahun 1954, dengan pembentukan  Asosiasi Sepak Bola Profesional Belanda  (Nederlandse Beroeps Voetbal Bond, atau NBVB). Permainan profesional pertama dimainkan pada tanggal 14 Agustus 1954, antara Alkmaar ’54 dan SC Venlo. KNVB telah membentuk  sepak bola profesional untuk waktu yang lama, tapi akhirnya tekanan dan keinginan untu bergabung dengan NBVB pada bulan November 1954 untuk membentuk asosiasi sepak bola baru. Level tertinggi dalam sepak bola Belanda yang sekarang dikenal sebagai Eredivisie (bahasa Inggris: Divisi Kehormatan). Tingkat kedua menjadi Eerste Divisie (Divisi Satu).

Untuk di Indonesia sendiri sepak bola mulai di bawa sejak tahun 1914 oleh pemerintah hindia Belanda saat menjajah Indonesia, selain sebagai sarana olahraga juga sebagai sarana hiburan bagi prajurit Belanda ataupun masyarkat sipil Belanda. Di Jawa sendiri sering di adakan kompetisi olah raga sepak bola ini yang biasanya di dominasi oleh dua klub saja yaitu Batavia City, dan Surabaya City. Dan lambat laun sepak bola pun menyebar ke seluruh Indonesia.

Sumber : http://ikanlema.blogspot.co.id/ dan berberapa sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...