CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

13 Oktober 2015

Celimpungan Palembang

Foto Celimpungan Kuah Santan Kuning Tidak Pedas
Gambar Celimpungan Palembang Asli

Resep Celimpungan Palembang Sederhana Spesial Asli Enak. Makanan khas palembang ini memang belum banyak yang tahu apalagi kenal. Yuk kenalan dulu apa itu celimpungan. Celimpungan adalah makanan yang berasal dari Sumatera Selatan. Bahan dasar celimpungan adalah adonan sagu dan ikan seperti halnya empek-empek yang juga berasal dari Sumatera Selatan. Perbedaan di antara keduanya terletak pada bentuk dan kuahnya. Celimpungan berbentuk bulat dengan diameter 10 cm dan tipis (pipih). Kuahnya terbuat dari santan dan racikan bumbu-bumbu lainnya. Celimpungan dimakan bersama sambal gorengnya.

Satu lagi makanan khas berbahan ikan dan banyak digemari di Kota Palembang. Namanya Celimpungan, masih termasuk turunan pempek juga. Di momen-momen tertentu, terutama saat lebaran, masyarakat Palembang umumnya menjadikan celimpungan sebagai menu makanan alternatif. Sebab, meski banyak menu lainnya, namun ternyata celimpungan adalah salah satu makanan yang paling banyak dicari di palembang sumsel.


Pada dasarnya, pembuatan celimpungan sama seperti pembuatan pempek yakni, sama-sama menggunakan sagu dan daging ikan. Perbedaanya terletak pada bentuk adonan dan kuah yang dipakai.

Jika pempek identik bentuk yang beragam serta menggunakan kuah yang bernama cuka, sedangkan celimpungan menggunakan kuah yang terbuat dari santan dengan bentuk adonan yang bulat mirip bakso ikan.

Kuah celimpungan yang terbuat dari santan memiliki warna kekuningan, namun rasanya tidak pedas. Sehingga untuk pecinta kuliner yang ingin mencicipi celimpungan, sebaiknya menambahkan sambal goreng yang akan menambah sensasi kelezatannya.

SEJARAH ASAL USUL

Menurut sejarah asal usul atau asal mulanya, warna kuah yang berwarna kuning memiliki sebuah makna yang berarti meriah, ramai atau semarak. Jadi wajar, jika celimpungan adalah salah satu makanan yang memiliki simbol yang mengobarkan semangat sebelum kita beraktivitas.

Menurut sejumlah warga Palembang, dahulu masyarakat bereksperimen dengan menggunakan santan yang dicampur rempah-rempah, seperti kunyit, lengkuas, serai, dan sebagainya. Maka terbentuklah celimpungan. Nama celimpungan sendiri diambil dari kata "Cemplung".

Di mana saat memasukan adonan ke dalam kuah santan mendidih menimbulkan suara "plung", hingga akhirnya dinamakan celimpungan. Biasanya celimpungan disajikan sebagai menu sarapan, namun seiring waktu celimpungan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi kapan saja.

Pada saat Hari Raya Idul Fitri, celimpungan menjadi salah satu menu favorit yang disajikan bersama dengan lontong sayur dan lauk pauknya.

Di Kota Palembang, tidak sulit untuk menemukan makanan ini, seperti saat Ramadan misalnya, celimpungan dapat anda dapatkan di pasar beduk ataupun di beberapa kedai yang menjual makanan khas Palembang.

Salah satu kedai yang dapat anda kunjungi adalah Kedai Laksan Kaito di Jalan Kapten Anwar Arsyad Palembang nomer 999, tepatnya di samping rumah dinas gubernur Sumsel, Griya Agung.

Harga semangkuk celimpungan relatif murah hanya Rp 10.000.

Sementara jika berbicara soal gizinya, celimpungan merupakan kuliner yang paling tinggi gizinya. Sebut saja karbohidrat yang terkandung dalam tepung sagu berfungsi sebagai sumber utama energi bagi manusia. Namun tidak hanya karbohidrat, kandungan protein yang dihasilkan dari daging ikan, mampu menjaga kekebalan tubuh dan perkembangan setiap sel dalam tubuh. Disamping itu, dengan mengonsumsi ikan, dapat membantu perkembangan motorik dan kecerdasaan otak.

KESIMPULAN 

ketika anda menyantap celimpungan, anda telah memperoleh banyak keuntungan.

Selain perut kenyang setelah menyantapnya, anda pun secara tak langsung telah melengkapi gizi terbaik untuk tubuh anda.

RESEP CELIMPUNGAN


BAHAN CELIMPUNGAN :

  • 1 resep adonan dasar pempek (Lihat artikel sebelumnya cari di kota search)
BAHAN KALDU IKAN :
  • 150 gram daging ikan gabus, rebus, haluskan
  • 250 ml santan kental
  • 500 ml santan cair
  • Garam secukupnya
  • 500 ml kaldu ikan / air
  • Bawang goreng
BUMBU HALUSKAN :
  • 7 siung bawang merah
  • 1 cm temu kunci
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 cm lengkuas
  • 1/2 sdt lada butir
  • 1 sdm kelapa parut
  • 1 cm jahe
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 cm kencur
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm kunyit
  • Garam secukupnya
    CARA MEMBUAT CELIMPUNGAN :
    1. Ambil adonan dasar. Bulatkan menyerupai bola sebanyak beberapa buah (sama seperti membuat tekwan)
    2. Didihkan air, masukan celimpungan, tunggu sampai terapung tanda masak.
    3. Tiriskan
    CARA MEMBUAT BUMBU :
    1. Sangrai semua bumbu, kecuali serai dan daun salam.
    2. Haluskan dan sisihkan.
    CARA MEMBUAT KUAH :
    1. Didihkan air atau kaldu ikan dengan santan cair.
    2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan daging ikan gabus. Aduk rata.
    3. Masukkan kan santan kentalnya, serai, daun salam masak sebentar hingga berminyak dan cicip rasanya.
    4. Masukkan celimpungan sebentar, lalu siap disajikan.
    5. Sajikan dengan taburan bawang goreng.
    sumber : http://carabuatresep.blogspot.co.id/

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...