CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

18 Juli 2012

Wilhelmina park di Palembang

Taman Wilhelmina di Palembang tahun 1900 Foto : Kitlv.nl

Hampir di setiap kota jajahan Belanda memiliki taman yang bernama Wilhelmina seperti di Jakarta Wilhelmina park nya terletak samping masjid Istqlal yang sekarang jadi bagian dari masjid Istiqlal sendiri, ataupun taman medeka yang dulunya merupakan Wilhelmina park di kota Semarang.

Wilhelmina Hotel Palembang 1900 Foto : Kitlv.nl
Begitu juga di  Palembang berdasarkan catatan sejarah Wilhelmina park yang tampak pada foto tertera tahun 1900 yang terletak Taman luasnya hanya 2-3 Hektar ini yang terbentang cukup luas yang berbatasan langsung dengan Jalan sluisweg ( Jalan Rumah Bari saat ini ), dan di Utara di hapit oleh sungai kapuran dan di sebalah barat dengan Jalan sekanak  dan untuk di sebelah selatan berbatasan dengan jalan kratonweg (jalan kraton). sebagai ilustrasi saat ini dari Kantor ledeng (watertoren), Balai prajurit (Bioskop Intium/Luxsor), dan Kantor Pol PP ( balai pertemuan).

Lukisan Wilhelmina Hotel Palembang 1900 Foto : Kitlv.nl
Di seberang Wilhelmina Park tersebut berdiri bagunan Hotel Ratu Wilhelmina, yang pada saat itu mayoritas terbuat dari kayu  yang terdiri dari beberapa bangunan, saat ini lokasi tersebut di gunakan jadi Asrama tentara. 

Wilhelmina Hotel Palembang 1900 Foto : Kitlv.nl
 Sumber tulisan : di rangkum dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...