CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

29 Juli 2012

Pekan Olah Raga Mahasiswa IX Palembang Tahun 1971

Saat penyalaan obor  POM IX di stadion patra jaya tahun 1971 Foto : explaju.com
 Keberadaan POMNAS tidak terlepas dari sejarah perjalanan BAPOMI sebagai induk olah raga kemahasiswaan di Tanah Air. Pada awal 1950, perkumpulan dan organisasi olah raga mahasiswa telah terbentuk dan tumbuh berkembang. Di Jakarta telah membentuk suatu wadah olah raga mahasiswa yaitu UFIA (khusus untuk mahasiswa Jakarta UFI), di Bandung IOMA, dan di Bogor UFA yang telah mampu mengoordinasi dan melaksanakan kegiatan kegiatan olah raga mahasiswa.

Gedung Olahraga atau sering di sebut Sport Hall 2008

Organiasi-organisasi itulah yang telah mendorong, menciptakan, dan mewujudkan suatu pertemuan para olah ragawan dalam suatu Pekan Olahraga Mahasiswa (POM). POM I berhasil diselengarakan pada Desember 1951, di Yokyakarta. Kegiatan tersebut terus berlangsung secara kontinyu setiap dua tahun sekali.

POM IX/1971 di Palembang, tercatat sebagai POM terbesar yang diprakarsai mahasiswa sekaligus penyelengaraanya adalah mahasiswa, juga sebagai POM yang terakhir yang diselengarakan oleh BKMI (Badan Keolahragaan Mahasiswa Indonesia). POM berikutnya yang sedianya akan diselengarakan di Bandung 1975, tidak dapat diselengarakan karena situasi dan kondisi waktu itu tidak memungkinkan.

Sejak 1974, praktis kegiatan olah raga mahasiswa tidak terkoordinasi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan kemudian memprakarsai pertemuan di Bandungan, Jateng, pada 1978 dan dibentuklah tim pembina olah raga mahasiswa tingkat nasional dan mengadakan Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa (Porseni) Nasional I pada 1978. 

Jalan yang kiri-kananya banyak terdapat pohon-pohon yang membuatnya menjad salah satu jalan yang asri selain jalan Merdeka, Nama jalan ini di ambil dari pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa ke IX di Palembang tahun 1971 bersamaan dengan di pakainya GOR (Gedung Olahraga) untuk kegiatan tersebut.
Untuk lokasi wisma atlet di gunakan rumah-rumah yang ada di kawasan kampus saat ini, itulah sebabnya jalan-jalan yang di gunakan di kawasan tersebut menggunakan cabang olah raga seperti jalan pencak silat, jalan catur, jalan yudo, jalan golf, jalan panahan dan lain-lain.

Untuk itu juga pemerintah kota palembang mempersiapkan infrastruktur dengan membangun Sort Hall / gedung olahraga indoor tepat di samping stadion bumi sriwijaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...