CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

05 Juli 2012

Kue Putu

Kue putu yang merupakan salah satu makanan khas Indonesai dengan dimasak menggunakan tekanan uap air
Kue Putu yang merupakan kue khas tradisional dari Jawa Tengah ini hanya dapat kita temui mulai menjelang malam hari hingga larut malam. Kue Putu sendiri adalah jenis makanan asli Indonsia berupa kue berbahan dasar tepung beras berwarna hijau pandan yang berisi gula jawa dan taburan parutan kelapa. 

Proses pembuatan kue ini juga cukup unik, yakni dikukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dikukus diatas kaleng, suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Salah satu pedagang kue putu yang ada di kota Palembang ialah Taryono, ia biasa berkeliling di perumahan di kawasan KM 12 setiap hari. 

Sekali berjualan, Taryono mengaku menghabiskan bahan 3KG tepung beras, sedangkan kue Putunya ia jual seharga Rp 500/per buahnya.Kue Putu ini sangat disukai anak-anak, selain karena rasanya yang manis dan enak, anak-anak juga senang melihat proses pembuatan yang dilakukan langsung oleh pedagang saat dipesan.

Sumber tulisan : tvrisumsel.co.id

Resep kue putu

Bahan kue putu

250 gram tepung beras
100 ml air mendidih
2 sdm perasan air daun suji
1/2 sdt pasta daun pandan (jika tidak ada daun perasan daun pandan asli)
1/2 sdt garam
175 gram gula merah, iris tipis
140 gram parutan kelapa, kukus dengan sedikit garam

Cara membuat kue putu

Kukus tepung beras selama 60 menitan (1 jam) dengan api sedang. Setelah itu angkat, tuang air mendidih, air daun suji, pasta pandan, dan garam. Aduk hingga rata. Setelah itu ayak (saring) adukan tepung beras yang sudah tercampur tadi sehingga tidak menggumpal. Ambil cetakan bambu dengan ukuran lebar 3 cm dan tinggi 7 cm. Jika tidak ada cetakan bambu , dapat digunakan cetakan kue dengan ukuran tersebut.

Masukkan hasil ayakan tepung beras tadi kedalam cetakan bumbung sepertiganya. Sedikit ditekan supaya agak padat. Beri 1-2 irisan gula merah, lalu penuhkan kembali dengan ayakan tepung sampai agak padat. Letakan bumbung (cetakan) diatas dandang yang beralaskan sarang dengan lubang-lubang. Lubang-lubang ini merupakan jalan uap untuk mematangkan Kue Putu. Kukus kue putu hingga matang.

Sumber Resep : resyep.wordpress.com/

Palembang, KM 12, 0712, Dodi NP. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...