CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

13 Juni 2012

Piala Adipura ke 6 Kota Palembang

Salah satu baliho ucapan selamat atas di raihnya penghargaan adipura ke 6 kota Palembang tahun 2012
Sebagai wujud kebanggaan dan terima kasih kepada seluruh warga Palembang, kemarin Piala Adipura keenam yang diraih oleh Kota Palembang dan piala Adiwiyata serta piala Wahana Tata Nugraha, diarak keliling kota. Arak-arakan ini disambut meriah oleh warga Palembang. Arak-arakan dimulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Rute yang dilewati yakni dari Bandara Internasional SMB II-Jl Tanjung Api-Api (TAA), Jl Kol H barlian, Simpang Polda-Jl Basuki Rahmat-Jl R Soekamto-Simpang Patal-Jl RA Rozak-Simpang Pusri-Jl Perintis Kemerdekaan-Jl Veteran-Simpang Charitas-Jl Kapt A Rivai-Jl Merdeka-Jl Jend Sudirman-Putaran Cinde-Jl Jend Sudirman-BAM-Kantor Pos Merdeka-BKB-Bawah Jembatan Ampera.

Dibawah Jembatan Ampera, piala disambut oleh Wali Kota Palembang Ir H Eddy Santana Putra MT. Eddy menjanjikan akan memberikan bonus kepada semua yang berpartisipasi atas keberhasilan mendapatkan piala adipura untuk keenam kalinya. 

Arakan Adipura ke 6 Kota Palembang Foto : antarafoto.com
Direncanakan tahun 2013, sebanyak lima orang perwakilan dari dinas terkait, yakni Dinas Kebersihan Kota (DKK), Dinas Penerangan Jalan dan Pertamanan (PJP), Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Lingkungan Hidup (BLH) serta Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) kota Palembang dan dinas yang terkait lainya akan diberangkatkan umroh.

“Mungkin rewardnya akan lebih baik lagi, umroh misalnya untuk mereka yang turut berjuang dalam meraih adipura. Untuk keberangkatan 30 orang dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Palembang ini kemungkinan dapat direalisasikan pada tahun 2013 mendatang. Kalau anggarannya sudah ada, tetapi tidak mungkin kita berangkatkan tahun ini, bisa saja tahun depan,” katanya, usai prosesi penyambutan Piala Adipura, Piala Adiwiyata dan Penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk Kota Palembang Tahun 2012, Rabu (6/6) di taman Jembatan Ampera.

Sedangkan bentuk reward, seperti tahun lalu, satu bulan honor tambahan untuk pasukan kuning di lingkungan DKK Palembang, tetap akan diberikan.  “Nanti akan kita bahas lagi bersama wakil walikota dan Sekda untuk mereka petugas kebersihan ini,” tukasnya.

Eddy menambahkan, keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan masyarakat serta SKPD yang ada di Pemkot Palembang. “Saya dan Wawako Pak Romi berupaya yang terbaik untuk Palembang. Keberhasilan Palembang harus terus dilanjutkan oleh orang yang lebih baik dari saya. Ya, saya kira Pak Romi nanti bisa melanjutkan perjuangan ini,” paparnya.

Sementara belum berhasilnya Kota Palembang meraih supremasi piala paling bergengsi Adipura Kencana, tidak membuat pemerintah kota (Pemkot) Palembang berkecil hati. Menurutnya, itu harus menjadi motivasi instansi pemerintah dan masyarakat kota Palembang khususnya. Untuk lebih bersama-sama untuk meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan dari masyarakat itu sendiri.

“Kita harus lebih memperbanyak kader lingkungan, jika dibandingkan dengan kota Surabaya, kita harus lebih memperbanyak kader lingkungan yang ada. Yang ada saat ini hanya berjumlah 400 kader lingkungan jika dibandingakn Surabaya berjumlah 4.000 kader lingkungan yang mereka miliki,” jelas Eddy.

Untuk mewujudkan kader lingkungan akan kebersihan lingkungan tempat tinggal ini, haruslah dimotivasi akan kebersihan. “Harus dimulai dari menjaga kebersihan dari lingkungan rumah,WC, dapur dan harus ada sanitasi yang bagus,” jelasnya.

Kader lingkungan juga masih kata Eddy, tidak lepas juga dari campur tangan pemerintah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. “Yang penting itu sosialisasinya, yang harus diprioritaskan untuk menjaga lingkungan, seperti tidak melakukan penyetruman di sungai, mengalakan menjaga kebersihan udara, dan lain-lainya yang berkaitan dengan lingkungan,” tegasnya. (ika)

Sumber tulisan : palembang-pos.com 

Palembang, Kebangkan, 0612, Dodi NP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...