CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

09 Juni 2012

Kantor DPRD Kota Palembang Terkini

Kantor DPRD Kota Palembamg di Jalan Gub A Bastari Jakabaring Palembang
DPRD Kota Palembang berlokasi di jalan sekanak No. 02 Palembang, didirikan oleh Bapak H. AMIR MACHMUD pada tanggal 06 April 1977. DPRD adalah Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah yang kedudukannya sebagai Lembaga Pemerintahan Daerah. Anggota DPRD berjumlah 45 Orang diresmikan dengan keputusan Gubernur atas nama Presiden RI, Berdasarkan usul Walikota sesuai Laporan KPU. 

Sejarah ini ada hubungannya dengan penetapan hari jadi Kota Palembang pada tanggal 17 Juli 605 Masehi. Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya sudah ada sejak abad Ke–V dan kemudian dikalakan oleh Kerajaan Majapahit pada abad Ke-X. Kerjaan Sriwijaya diperintahkan oleh raja-raja keturunan syailendra yang menganun agama budha Mahayana, Pusat Pusat Pemerintahan Dipinggir Sungai Musi yaitu Bukit Siguntang.

Kantor DPRD Kota Palembang yang lama tepat di belakang kantor walikota/Ledeng
Pada abad Ke-XVI muncul kerajaan baru yang bernama kesultanan Palembang yang dikirim oleh Kyai Ing Suro, seorang putra priyayi Kerajaan Islam Demak yang bernama Pangeran Sido ing Lautan. Pada tahun 1906 oleh Belanda Kesultanan dijadikan daerah Haminte yaitu dihapuskan daerah Kesultanan Palembang. Hal ini berlangsung sampai terjadinya perang kemerdekaan pada tanggal 22 Agustus 1945.

Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotamadya Tingkat II Palembang ini dikenal dengan “Gedung Ledeng” atau disebut juga dengan “Menara Air” yang berada dijalan sekanak, yang berdiri pada zaman Pemerintahan Belanda. Pada jaman Jepang di tahun 1942, balai kota tidak ditepati tapi dijadikan Kantor Presiden. Tempet itu terus dimanfaatkan sebagai balai kota sampai tahun 1956, sewaktu ulang tahun Ke-50 Kota Praja Palembang kembali memerintah ke Balai Kota yang aslinya “Gedung Manara Air”

Sumber tulisan : sekwan.palembang.go.id/

Palembang, Jakabaring, 0612, Dodi NP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...