CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

16 Juni 2012

Hotel Malaya Palembang

Hotel Malaya saat ini
Hotel malaya yang merupakan salah satu bangunan yang terletak di Jalan Ali Ghatmir (dulunya bernama Jalan Karang Kuang diambil dari sungai yang melintas di jalan tersebut , sedangkan  Ali Ghatmir sendiri di ambil dari nama salah satu ketua DPR di Palembang) yang di bangun sekitar tahun 1940 atau 50an ini, merupakan hotel kelas melati yang masih berfungsi sampai dengan saat ini.

Hotel yang memiliki 30 kamar ini secara bentuk bangunan hampir mirip seperti eks hotel Aman ( Sailendera Institute / Kursus Sailendra, dengan balkon di lantai dua menjadi ciri khas bangunan tempo dulu ( lihat hotel riau) di Palembang.

Di sekitar Hotel malaya ini banyakdi temui bangunan-bangunan tempo dulu seperti di samping kiri bangunan tersebut bangunan tahun 30 an yang di di lantai 1 terdapat percetakan yang cukup terkenal pada saat itu begitu juga di seberang bangunan tersebut atau di samping PT. Kodja Bahari juga terdapat bangunan bangunan tua lainnya. 

Di dekat hotel melati dua terdapat Lorong kedipan yang secara tutur di katakan bahwa tempat lahinya tempat keluarga Pangeran Dipokesumo (zuriat dari Sultan Muhammad Mansyur Jayo ing Lago) walaupun pada saat Admin melakukan penelusuran kesana sudah tidak ada lagi orang yang tahu di mana tempat yang pastinya, sedangkan tidak jauh dari lorong kedipan terdapat lorong Masawa : dimana lorong ini di ambil dari salah satu suku kabilah Arab Al Masawa salah satu rumpun Ba Alawi (Alawiyyin) yang mendiami lorong tersebut.

Palembang, 13 Ilir, 0612, Dodi NP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...