CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

10 Juni 2012

Bekang DAM II/ Sriwijaya Palembang

Gedung Bekang DAM II/ Sriwijaya yang dulunya merupakan Boom Jetty

Seiring kejatuhan Kesultanan Palembang Darussalam, Belanda membangun pelabuhan yang dinamakan Boom Jetty di  depan Benteng Kuto Besak (sekarang Perbekalan dan Angkutan [Bek Ang] Kodam II Sriwijaya). 

Sebelumnya, sudah ada  pelabuhan di kawasan 35 Ilir. Tahun 1914, pelabuhan ini dipindahkan ke muara Sungai Rendang (kini dikenal sebagai Gudang Garam). Dengan alasan pelabuhan tidak mampu lagi menampung kapal yang keluar masuk.

Dulu pada saat NV Jacobson van den Berg masih beroperasi di Palembang kawasan ini merupakan tempat pergudangan dalam penyimpanan bahan dagangan baik itu, kopi, katun (Kapas), rotan, ataupun karet. tetapi sejak di lakukan nasionalisasi pada tahun 1957-1958 maka baru kawasan ini di jadikan  di jadikan fasilitas pemerintahaan.

Sumber tulisanm : di rangkum dari berbagai sumber.

---------------------------------------------

Sejarah Bekangdam II/Sriwijaya

Sekilas tentang Sejarah pembentukan korps Bekang.

Cikal bakal pembentukkan korps Bekang diawali pada tanggal 1 November 1945 dengan dibentuknya Badan pengumpul Markas tertinggi Tentara Keamanan Rakyat atau disingkat BPMT-TKR dengan tugas membekali Tentara yang sedang bertugas dilapangan.

Pada saat yang bersamaan pula untuk mendukung mobilitas Tentara dibentuklah Tentara Keamanan Rakyat Kereta Api atau disebut TKR- KA.

Dalam rentang kurang lebih 4 ( Empat ) tahun kedua Organisasi tersebut digabung menjadi satu dibawah naungan Dinas Perlengkapan dan Angkutan Tentara atau DPAT yang berada dalam Staf Quarter Master pada tanggal 27 Desember 1947. Tanggal ini pernah diabadikan sebagai hari bakti Pembekalan dan Angkutan selama beberapa tahun sebelum dibentuk Organisasi baru korps Pembekalan Angkutan.

Pada tanggal 1 Desember 1951 Dinas Pembekalan dan Angkutan Tentara dipecah lagi menjadi dua organisasi masing-masing bernama Djawatan Intendan Angkatan Darat ( DIAD ) dan Dinas Angkutan Angkatan Darat ( DAAD ). Kemudian DIAD dan DAAD berubah menjadi Jawatan Intendan Angkatan Darat dan Jawatan Angkutan Angkatan Darat sampai tahun 1984.

Perkembangan selanjutnya ,berdasarkan Perintah operasi Kasad  nomor I, tanggal 22 September 1984 kedua Organisasi tersebut dipersiapkan  untuk menghadapi Reorganisasi/Likwidasi,menjadi Direktorat Pembekalan Dan  Angkutan Angkatan Darat (DITBEKANGAD). Yang berfungsi secara administratif pada tanggal 18 September 1985. Sampai akhirnya diresmikan Korps Pembekalan Angkutan pada tanggal 24 Maret 2004 dengan Surat Telegram KASAD  Nomor ST / 271 / 2004 tanggal 23 Maret 2004 tentang Peresmian Korps PEMBEKALAN ANGKUTAN ( CBA ) TNI AD. Tanggal 24 Maret sekarang diabadikan sebagai hari Jadi Bekangad.

Sumber tulisan sejarah bekangdam II/Sriwijaya : hwww.platmerah.net/demo/bekangdam2swj

Palembang, Sekanak, 0612, Dodi NP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...