CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

09 Mei 2012

Bioskop Rosida ( Rex ) Palembang

Bioskop Rosida/Rex di Jalan Sekanak yang sekarang tinggal kenangan ( Mei 2012 )
Pada tahun awal 90-an, masyarakat Indonesia masih sering mengadakan acara nonton bareng dengan menggunakan layar tancap yang biasanya di putar oleh Departemen Penerangan ataupun pihak swasta  (Perusahaan rokok ataupun lainnya), biasanya acara ini diadakan di daerah-daerah dengan penduduk yang mayoritas kurang mampu, film yang diputar pun kebanyakan film lokal atapun film yang sudah sangat sering di putar di layar tancap.Pada tahun tersebut pun perkembangan masyarakat yang menonton di bioskop pun masih terbilang minim. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai meninggalkan budaya layar tancap dan beralih ke layar digital.

Salah satu "Gedung layar tancap" adalah Bioskop Rosida di Jl Depaten Baru, Kelurahan 28 Ilir, Ilir Barat II, yang sudah ada sejak awal tahun 60-an tetapi sekarang ini hanya tinggal bangunan tua yang sudah lama tidak di gunakan lagi entah gedung ini dijadikan gudang atau penangkaran walet juga belum ada informasi yang pasti). 

Dulu bioskop masih banyak menggunakan nama-nama asing termasuk juga bioskop ini. Dengan fasilitas "Kelas" dari kelas terbaik sampai kelas III, yang menentukan tingkat kenyamanan kita duduk, kengan fasilitas kursi kayu yang dbalut dengan busa (pada awalnya menggunakan kursi rotan), cukup pas menjadi sarana rekreasi pada saat itu.

Penulis mempunya pengalaman sendiri saat nonton di bioskop ini di era  90 an dalam 1 kali pertunjukan bisa menonton 2 film, dengan duduk di kursi yang busa joknya sudah tidak "sempurna" lagi itupun di selling dengan garuk-garuk karena digigit "kepinding" ataupun tikus yang melintasi di kaki kita. 

Sekarang bioskop ini hanya tinggal kenangan karena kalah bersaing dengan stasiun TV yang semakin banyak dan juga serbuan film dalam bentuk "DVD/VCD" maka bioskop ini sendiri tidak bisa lagi untuk menutupi biaya operasionalnya sehingga memiliki nasib yang sama seperti bioskop yang ada di Palembang lainnya seperti : Bioskop Mawar, Bioskop kop Odeon (Kertapati), Bioskop Sanggar dan juga Bioskop Cineplex.

Palembang, Sekanak , 0512, Dodi NP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...