CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

14 April 2012

Tanggo Rajo - Ancolnya Jambi

Keadaan Ancol Jambi saat malam hari.

JAMBINEWS-Hampir sebagian besar objek wisata di Kota Batanghari Jambi, didominasi taman rekreasi buatan, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta, museum dan situs peninggalan bersejarah, wisata budaya, belanja dan wisata kuliner, serta hiburan rekreasional. Sedangkan untuk objek wisata alam lebih banyak terdapat di kawasan kabupaten di dalam Provinsi Jambi.

Kota Jambi yang dibelah Sungai Batanghari, mempunyai beberapa objek wisata menarik. Kawasan Tanggo Rajo misalnya, yang merupakan ikon Kota Jambi. Objek wisata ini berada di tepian Sungai Batanghari.

Wisatawan dapat ber-kongkow ria melihat pemandangan sunset Sungai Batanghari, sambil menikmati jajanan sore khas Kota Jambi, seperti jagung bakar dan air tebu. Selain itu di seberang kawasan Tanggo Rajo, terdapat sentra Batik Jambi. Uniknya wilayah sentra Batik ini dipenuhi oleh rumah-rumah penggung tempo dulu khas Kota Jambi.

Jagung Bakar dan Es Tebu menu favorit di sini.
Tak heran jika kawasan Tanggo Rajo ini sering dikunjungi sebagai tempat rekreasi keluarga menikmati panorama Sungai Batanghari, memancing, atau menikmati jajanan di sepanjang jalan raya di pinggir sungai terpanjang di Pulau Sumatra ini.

Dari Tanggo Rajo inilah tiap tahun Gubernur melambaikan bendera star dalam even tahunan "Lomba Perahu Tradisional", dalam rangka HUT RI 17 Agustus. Wisata kuliner dan panorama dari tepi Sungai Batanghari menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Kawasan di depan rumah dinas Gubernur Jambi, Jln. Sultan Taha, Kec. Pasar Jambi.

Seperti dilansir Galamedia, kawasan Tanggo Rajo ini kerap pula disebut sebagai Ancolnya Jambi. Hampir setiap hari kawasan Ancol Jambi selalu ramai dikunjungi masyarakat, terutama pada malam hari. Suasana tampak lebih ramai lagi saat malam Minggu tiba .

Kawasan Ancol Jambi menjadi salah satu tempat nongkrong, terutama bagi muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu bersama malam mingguan di tepian Sungai Batanghari. Tentunya sambil menikmati semilirnya angin malam, pengunjung juga taklupa menyantap makanan dan minuman yang banyak dijajakan di sepanjang kawasan tersebut.

Suasana Ancol Jambi di siang hari sumber : Jambinews.com
Realitanya memang demikian, di sepanjang kawasan Ancol Jambi khususnya di depan rumah dinas Gubernur Jambi, banyak ditemukan pedagang makanan dan minuman. Beragam makanan dan minuman dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari jagung bakar, bakso, mi ayam, sate ayam, sate kambing, es tebu, aneka jus, roti bakar, opak, pempek, tekwan, model, nasi goreng, dll.

Namun yang cukup favorit adalah jagung bakar dan es tebu. Sehingga tak heran bila pedagang jagung bakar mendominasi dari puluhan pedagang yang ada. Jagung bakar bisa dinikmati dengan beraneka macam rasa seperti asin, manis, dan pedas.

Banyaknya pedagang makanan dan minuman yang ada di kawasan Ancol Jambi, memang menjadi daya tarik tersendiri. Khususnya bagi mereka yang sangat menyukai jalan-jalan sambil kuliner. Apalagi area pusat jajanan di kawasan Ancol Jambi ini tertata dengan rapi.

Sejatinya kendati anak-anak Kota Jambi sudah sering datang ke objek wisata ini, namun panorama Tanggo Rajo seakan mempunyai kekuatan magis dan memiliki daya tarik tersendiri. Tak berlebihan bila objek wisata yang memiliki banyak anak tangga ini, selalu ramai dikunjungi bukan hanya oleh warga Kota Jambi, melainkan pula wisatawan dari luar Kota Jambi.(jun)

Sumber Tulisan : http://www.jambinews.com/

Jambi, Tanggo Rajo - Ancol, 0412, Dodi NP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...