CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

24 Februari 2011

Pantai Karang Bolong Anyer



Lokasi di bawah setelah menapaki anak tangga
Panorama di Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong yang terlertak 50 Km dari kota Serang atau 140 Km dari kota Jakarta, sekitar 11 km kearah selatan anyer atau sekitar 30 km utara labuan Di Pantai ini terdapat batu karang yang sangat besar yang berdiri membentuk lengkungan. Salah satu ujung karangnya berada di pantai sedangkan yang lainnya menjorok ke laut.

Pantai Karang Bolong, Letaknya yang di pinggir jalan memudahkan para pengunjung karang-bolong1.jpg menemukan pantai ini. Sebelum masuk pengunjung membeli tiket terlebih dahulu.untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraanya didalam areal karang bolong.


Pantai Karang Bolong yang berhadapan langsung dengan Laut
Pantai Karang bolong merupakan pantai landa berpasir yang cukup luas, yang dibatasi oleh perbukitan yang disusun oleh batuan sedimen klastik asal-gunungapi. Pasir berwarna kelabu yang berukuran halus-kasar bersumber dari batuan tersebut. Sapuan ombak besar yang membentur dinding pebukitan menghasilkan energi yang cukup untuk mengikis, mengangkut dan mengendapkan kembali butiran batuan. Derajat pelapukan yang tinggi di kawasan ini mempercepat proses abrasi tersebut. Setempat, singkapan breksi lahar yang berada di pinggir pantai mengalami pengikisan, menghasilkan bentukan abrasi yang unik.


Pantai Karangbolong mempunyai potensi membentuk arus balik yang kuat, sehingga merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang. Kegiatan lain yang dapat dilakukan wisatawan adalah memancing, di mana beberapa jenis ikan karang cukup melimpah di pantai ini.

Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong, yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong berukuran panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi sekitar 5 m. Breksi yang dikenal sebagai Formasi Gabon ini berumur Oligo-Miosen atau antara 30-15 juta tahun lalu, tersingkap bersama-sama dengan sisipan batu pasir dan batu lempung.

Pembentukan Gua Karangbolong dipengaruhi oleh peruntuhan yang terjadi di sepanjang batas bidang antara breksi dengan batu pasri atau batu lempung. Lubang peruntuhan akan semakin besar karena lapisan batuan yang menggantung di atap lubang selalu runtuh akibat beratnya. Proses itu juga dipicu oleh kekar-kekar yang ada, yang kehadirannya memperlemah daya ikat antar komponen batuan. Proses pembentukan gua teramati baik di ujung timur dan selatan Goa Karangbolong, di mana pada skala kecil terjadi peruntuhan batuan di sepanjang batas lapisan yang berbeda. Karena bukan gua batu gamping, maka di dalam Goa Karangbolong tidak dijumpai ornamen.
Tangga menuju ke atas di puncak pantai Karang Bolong

Pantai karang Bolong anyer… mungkin sejenak kita akan membayangkan bagaimana bentuk fisik dari pantai yang diberinama karang bolong..Setelah berada di dalam pantai ini pengunjung akan mengetahui dengan sendirinya mengapa pantai ini dinamakan demikian.Pantai ini merupakan kawasan rekreasi pantai dimana terdapat sebuah karang besar yang tengahnya berlubang secara alamiah dengan membentuk lengkungan. salah satu ujung karangnya berada di pantai sedangkan yang lainnya menghadap ke laut lepas,. Kemungkinan besar Karang Bolong ini terjadi karena akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Di bagian puncaknya terdapat kupel peninjauan dan hutan ini sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Pengerajin kulit kerang di sekitar pantai Karang Bolong
Bila sedang ramai, kendaraan pengunjung diharuskan parkir di luar areal kawasan yang telah disediakan oleh pengelola. Pasir di Pantai Karang Bolong masih relatif bersih dan putih. para pengunujung biasanya tidak kuasa untuk tidak menyusuri pantainya, sambil sesekali merendamkan kaki di air lautnya yang dingin.


Ikon kebanggaan pantai ini tentunya batu karang yang sangat besar yang di tengah-tengahnya bolong karena terkikis air laut dalam kurun waktu yang lama. Oleh pengelola pantai ini, beberapa bagian karang diberi anak tangga agar pengunjung bisa menaiki karangnya hingga bagian atas. Dari tempat ketinggian di atas karang itulah para pengunjung bisa menikmati pemandangan laut.

pemandangan laut dari atas karang memukau dan sangat menawan. Kedamaian akan sekali terasa ketika berada di atas karang. Belum lagi sepoi-sepoi angin laut yang tak henti menerpa wajah dan rambut sangat menghadirkan kesejukan. para pengunjung dapat leluasa dengan segi keamanan yang diterapkan oleh pengelola pantai ini. untuk pengunjung yang ingin bermalam pun tidak usah khawatir, karena sudah tersedia penginapan. Banyak penduduk yang menawarkan berbagai jenis makanan. jadi pengunjung tidak perlu ketakutan denagn masalah makanan.

Sumber Tulisan :
http://arienugraha.wordpress.com//

Anyer, Pantai Karang Bolong, 0211, Dodi NP    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...