CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

19 Februari 2011

Pantai Anyer, Serang - Banten


Anyer. Satu kata yang bisa membawa kisah hingga ke masa lampau. Saat Gubernur Jenderal Daendels membangun proyek ambisiusnya, jalan pos Anyer-Panarukan. Jaraknya yang hanya tiga jam perjalanan dari Jakarta, masih menjadikan Anyer pelarian penduduk Jakarta untuk pelesir di tengah panorama laut lepas.

Suara-suara sumbang mengenai pariwisata di Anyer memang kerap terdengar. Kritikan kepada pemerintah daerah yang tidak memperhatikan kondisi jalan adalah yang utama. Beberapa ruas jalan di Anyer maupun menuju Anyer berada dalam keadaan rusak berkepanjangan. Kadang ada perbaikan saat menyambut perayaan akhir tahun. Namun, selang beberapa bulan kemudian, jalanan rusak kembali.


Pendapat lain berkata pantai di Anyer tidak ada yang gratis. Artinya, setiap pengunjung yang ingin menikmati panorama di Anyer harus membayar tiket kunjungan. Benarkah demikian? Ternyata masih ada titik-titik di pantai Anyer yang bisa dikunjungi tanpa membayar.

Pantai Anyer konon disebut-sebut sebagai "Kuta"-nya Bali. Pantai ini ternyata terdiri dari berbagai pantai yang berbeda-beda nama tetapi masih dalam satu garis pantai yang sama. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih. Di akhir pekan, pantai ini ramai oleh pengunjung, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Beberapa anak juga asyik berenang menggunakan ban renang. Seperti pantai di Tanjung Benoa, Bali, di kawasan Pantai Anyer pun penuh dengan aneka permainan air (watersports), seperti banana boat dan jet sky. Harganya tentu jauh lebih murah dibanding di Bali. Di Pantai Pasir Putih pun Anda bisa mencoba permainan air.

Selain di Pantai Pasir Putih, pantai di dekat Hotel Marbella pun menyediakan fasilitas watersports. Favoritnya tentu saja banana boat. Banana boat ditumpangi sekitar empat orang lalu ditarik speedboat berkeliling laut. Kemudian di satu titik, banana boat diempaskan ke laut. Serunya sudah pasti.

Beberapa biro perjalana wisata dan operator watersports di kawasan Anyer juga biasa menawarkan snorkeling dan diving. Bahkan, ada pula yang menawarkan paket tur ke Krakatau. Pantai lain yang perlu dikunjungi adalah Pantai Cikoneng. Di sini terdapat mercusuar yang menjadi ikon di kawasan Anyer. Ada pula Pantai Batu Saung , Pantai Sambolo, Pantai Karang Kitri, dan Pantai Karang Bolong.

Nah, Pantai Karang Bolong memang salah satu yang pantai yang tenar juga. Keunikannya adalah karang besar menjulang tetapi di tengahnya berlubang. Pengunjung bisa naik ke atas karang besar tersebut melalui tangga setapak. Pantai-pantai tersebut memberlakukan tiket masuk.

Sumber Tulisan :Kompas.com

Anyer, Pantai Anyer, 0211, Dodi NP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...