CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

06 Juni 2010

Kue Engkak Ketan Khas Palembang

Engkak adalah sajian kue dari campuran bahan tepung ketan, santan kelapa dan beberapa bahan lainnya yang kemudian disaring dan dimasukkan ke dalam loyang lalu dipanggnag secara berlapis-lapis dengan melewati beberapa tahapan.
Kue engkak ini adalah sajian kue lezat yang berasal dari Sumatera Selatan lebih tepatnya Palembang , Lampung juga beberapa kota lainnya di sekitar sumsel yang memiliki sajian rasa jempol alias top markotop atau enak bangeut. Karena melewati tahap pemanggangan dalam penyajiannya menjadikan kue engkak ketan lapis, begitu sebutannya, kue yang tergolong tahan lama atau bisa disimpan dan disantap kembali di lain waktu.
Untuk membuat sajian kue engkak ketan lapis ini ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu dan semuanya dapat didapat dengan mudah di warung-warung, mini market atau juga swalayan. Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue engkak ketan lapis serta cara pembuatannya dapat dilihat dalam sajian resep cara membuat kue engkak ketan lapis rasa jempol berikut ini.
Cara Membuat Kue Engkak Ketan Lapis Rasa Jempol
Resep Kue Engkak Ketan Lapis
Bahan-bahan
  • Gula pasir 1 kg
  • Tepung ketan 1 kg
  • Santan kelapa 1.5 liter, didihkan
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Mentega 250 gr, lelehkan
  • Telur ayam 10 butir
  • Vanili sesuai kebutuhan
Cara Mudah Membuat Kue Engkak Ketan Lapis Rasa Jempol
  1. Larutkan tepung beras ketan ke dalam santan kelapa, aduk merata kemudian sisihkan.
  2. Sementara itu pecahkan telur dalam wadah kemudian taburi dengan gula lalu kocok lepas dengan menggunakan whisk.
  3. Setelah itu, campurkan kocokan telur ke dalam campuran tepung beras ketan dan santan kemudian saring sampai tak tersisa.
  4. Selanjutnya tuangkan sebagian campuran bahan ini ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan taburan tepung sebelumnya juga bentangan kertas roti pada bagian bawahnya.
  5. Masukkan ke dalam pemanggangan, tunggu sampai setengah matang kemudian tumpuk lagi dengan sebagian adonan yang masih ada kemudian panggnang kembali sampai setengah matang dan lakukan hal yang sama sampai menjadi kue engkak yang berlapis-lapis dan matang.
Selesai sudah pembuatan kue engkak dengan beberpa lapisan adonan yang disajikan. Sekarang saatnya bagi anda untuk mencobanya di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...