CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

13 Mei 2010

Komplek Pertamina Bagus Kuning

Gerbang Masuk



TK Bagus Kuning




Lapangan Golf

Masjid Darul Mutaqin Bagus Kuning
Disebut komplek “Bagus Kuning” karena di sana ada kuburan Ratu Bagus Kuning, pemakaman tua era Kerajaan Palembang. Lokasinya di tepi Sungai Musi, tepatnya di timur Palembang Ulu, atau sekitar lima kilometer dari Jembatan Ampera. Komplek perminyakan yang sudah ada sejak pada saat zaman kolonial Belanda dengan beroperasinya STANVAC/SVPM (Standard Vacum Petroleum Matschapij) dan BPM (British Petroleum Matschapij beroperasi kurang lebih 1904), dua perusahaan minyak besar yang memiliki kilang refinery yang terletak di Sungai Gerong yang beroperasi di tahun +/- 1926 dan Plaju tahun +/- 1900.

serta sumur-sumur produksi yang tersebar di sejumlah lokasi di sekitar Prabumulih, Pendopo, dan Jambi, dan lain-lain. sehingga banyak perumahan-perumahan atau komplek yang di buat untuk karyawan-karyawan perusahaan perminyakan ini.

Setelah zaman kemerdekaan dan di nasionalisasikan oleh pemerintah Indonesia tahun 1950 maka banyak orang asing yang selama ini mendiami komplek perumahan ini pergi kembali ke negeri Belanda, tidak heran kalau arsitek perumahan di komplek pertamina banyak seperti perumahaan eropa dengan letak yang jarang-jarang untuk mencegah kebakaran.

Tapi sudah beberapa tahun belakangan ini komplek pertamina bagus kuning ini sudah tidak terpakai lagi, sehingga banyak rumah yang sudah tidak terawat dan terbengkalai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...