CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

04 Januari 2010

Taman Kolam Retensi Simpang Polda Palembang Update


Kolam retensi simpang Polda
Sudah mendekati tahap akhir dari pembangunan kolam retensi di simpang polda ini, sore hari sudah banyak yang memanfaatkanya untuk bersantai tetapi untuk parkir di sini harus hati-hati karena belum ada tempat parkir untuk ke tempat wisata ini.
 ------------------------------------
PALEMBANG,Buanasumsel.com – Untuk membangun sebuah kolam retensi saja, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang setidaknya membutuhkan dana mulai dari Rp 1 – 3 miliar.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas PU Kota Palembang, Kira Tarigan Rabu (09/03/11). Menurutnya, idealnya di Kota Palembang terdapat 50 kolam retensi. “Sementara saat ini baru terdapat 21 kolam retensi. Berarti dibutuhkan 29 kolam retensi lagi ,” kata dia.

Untuk itu sambung dia, di 2011 ini Pemkot berencana membangun 10 kolam retensi di tempat yang berbeda-beda. Seperti di lokasi golf, Talang Aman, Balai Sungai Seduduk Putih, Kedamaian, Bandara Soekarno Hatta, Jalan Alamsyah, dan beberapa lokasi lagi, ungkanya.

Memang disatu sisi dibutuhkan dana yang cukup besar untuk sekedar membangun kolam retensi, tetapi sanggah Kira, kolam retensi tidak hanya berfungsi selaku upaya mengantisipasi genangan air terlebih pada saat musim hujan, agar tidak berakibat terjadinya banjir. Tetapi juga mempercantik kota sebagai tambahan objek wisata.

Tak jarang warga memanfaatkan keberadaannya untuk mendapatkan kesenangan atau hanya sekadar bersantai ria, terutama di pagi hari dan sore.

Di Kota Palembang sendiri terdapat banyak kolam retensi yang berfungsi aktif sebagai penampungan air. Namun yang layak dikunjungi dalam rangka rekreasi hanya beberapa saja. Di antaranya seperti Kambang Iwak, Taman Kolam Retensi Simpang Polda, kolam retensi danau OPI, dan Kolam Retensi yang terletak di kawasan Jalan Swadaya Lorong Perikanan IV, Talang Aman Palembang.

Baru ke-4 tempat tersebut yang menawarkan suasana nyaman dan indah dipandang. Karena memang, faktanya masyarakat cenderung memilih kolam yang menawarkan kesejukan, punya tempat bersantai, tertata rapi, banyak penjual makanan dan terang jika di malam hari serta bebas dari sampah, kata Kira.

Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa beberapa kolam retensi mempunyai fungsi ganda. Selain menaggulangi banjir, juga bisa dijadikan tempat rekreasi dan itu baru dimiliki sebagian kecil retensi yang ada. Keindahan taman yang ada dikawasan kolam tersebut memberikan kepuasan tersendiri bagi warga yang datang berekreasi.

“Misalnya koma retensi simpang Polda, selain menikmati udara segar, juga menatap keindahan yang terpancar bersama penataan bunga-bunga di sekitarnya. Letaknya yang strategis memudahkan warga yang datang mengendarai mobil ataupun sepeda motor,” katanya (Mel)

 Sumber Tulisan : buanasumsel.com/

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...