CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

07 Januari 2010

Kambang Iwak Kecik Palembang

Kambang iwak kecik yang semakin cantik
PALEMBANG,Buanasumsel.com – Guna untuk meningkatkan kolam retensi  dan sebagai tempat rekreasi warga Kota empek-empek ini, sebanyak 10 ribu bibit jenis  ikan nila dimasukan kedalam kolam retensi kambang iwak kecik.

Penaburan benih sendiri langsung dilakukan Mentri Lingkungan Hidup RI Gusti Muhammad Hatta didampingi Walikota Palembang H Eddy Santana Putra  serta jajaran Pemerintah Kota (pemkot) Palembang. 

Kepala Dinas Pertanian, Perternakan Kelautan dan Perikanan Kota Palembang Soedirman Teguh mengatakan, bibit ikan yang akan dimasukan kedalam kolam retensi sendiri, haruslah ikan yang telah berumur diatas dua bulan, agar ikan mudah beradaptasi.
Tampak Masjid Taqwa Palembang di Seberang Kambang Iwak

“Untuk pengisian ikan tawar seperti nila, lele, dan patin  Ph air perlu diperhatikan juga untuk  kelangsung ikan tersebut di kolam retensinya,’jelasnya. 

Nah,kedepan secara bertahap kolam retensi yang ada akan di Kota Palembang mulai akan dipenuhi jenis –jenis ikan tawar, Kolam retensi yang mulai menjadi pusat perhatian untuk pembibitan ikan tawar ini, kata Soedirman akan dilakukan di tiga kolam retensi yakni kolam retensi RS Siti Khadijah,  kolam retensi  IBA, dan  kolam retensi Seduduk Putih.

“Kalau ikannya sudah mulai kita lakukan pembibitan di kolam-kolam tersebut,  warga kita larang untuk mancing disana,’jelasnya. 
Fasilitas Penunjang lainnya juga di siapkan di kawasan ini

Untuk mengantisipasi  populasi ikan ini, pada saatnya  nanti, jelasnya lagi, akan dilakukan sistem penangaran ( pemindahan ikan ke Kolam lain).”kalau ikannya telah penuh, otomatis ikan itu nantinya akan kita pindahkan ke kolam retensi yang baru,’tukasnya.

Sementara itu Kepala Bidang  Dinas Penerangan Lampu Jalan Komarudin, menjelaskan kawasan kambang iwak Kecik akan menjadi pusat penghijuan setalah kamabang iwak besar. 

“Setiap tamu negara, ataupun pemerintah pusat yang akan menanam pohon  sebagai wujud bentuk untuk menciptakan penghijauan di Kota palembang akan kita arahkan di kolam retensi kambang iwak kecik,’jelasnya. 

Untuk mempercantik kolam retensi yang tidak jauh terletak dikawasan kambang iwak besak ini, jelasnya pohon yang mulai dilakukan penamamn tersebut juga untuk mengantikan berbagai jenis  pohon  tua yang ada disekitaran lokasi tersebut.

“Semua pohon yang ditanam nanti pohon trembesi, nanti pohon inilah yang akan mengantikan pohon-pohon yang tuaa dsekitaran kambang iwak kecik,’jelasnya.seraya menambahkan untuk menambah keasrian dan keindahan kawasan tersebut,  berbagai jenis lampu hiaspun akan ditambahkan.”Masih kita usulkan untuk penambahan berbagai jenis lampu hias untuk mempercantiknya,’tukasnya. (Mel)

Sumber tulisan : http://buanasumsel.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...