CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

18 November 2009

Taman Kolam Retensi Simpang Polda Palembang

Proses pembangunan taman kolam retensi simpang polda Palembang


Taman Simpang Polda Sedot Rp1,5 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang segera melakukan pembangunan terhadap taman kambang (Kolam retensi) Simpang Polda Palembang.

Kepala Dinas Penerangan Jalan dan Utilitas,Taufik Syahroni melalui Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan dan Lampu Hias, Komaruddin mengatakan,pekerjaan dengan dana Rp1,5 miliar tersebut tengah dalam persiapan pelaksanaan tender pada Juli mendatang. Menurut dia, untuk pembangunan taman tersebut telah disiapkan anggaran dalam APBD kota Palembang tahun 2009 sebesar Rp1,5 miliar.

“Karena dananya cukup besar mencapai Rp1,5 miliar tentu harus tender, dan itu segera dilakukan pada bulan Juli 2009 ini,” ujarnya di Palembang, kemarin. Nantinya, lanjut Komaruddin, pada kolam tersebut akan dibangun air mancur, penanaman pohon dan jalur jogging seperti yang terdapat di taman Kambang Iwak (KI) Palembang.

Selain itu juga akan dihiasi dengan berbagai jenis pohon, dan lampu hias yang akan menambah keindahan kolam yang berada di samping jembatan layang tersebut. “Ini bagian dari flyover, jadi akan bertambah indah dilihat dari atas jembatan itu,”katanya. Komaruddin menambahkan, sebenarnya kebutuhan hingga taman tersebut rampung layaknya taman KI yang berada di Jalan Tasik, dibutuhkan dana sebesar Rp4 miliar.

Namun, karena kemampuan anggaran hanya memberikan sebesar Rp1,5 miliar tersebut,maka pengerjaan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan anggaran yang tersedia.“Selebihnya, sesuai dengan petunjuk dari Wali Kota, akan kita libatkan peran pihak ketiga atau swasta. Seperti di KI, itu bekerjasama dengan Bank Sumsel, ”ungkapnya.

Jalur jogging yang dibuat nantinya juga melingkar mengitari taman tersebut, sehingga masyarakat sekitar jalan Basuki Rachmat, Jalan KolHBurliandanlainya dapat menggunakan taman tersebut untuk santai dan jogging.“Kalau sekarang mungkin jauh ke Kambang Iwak, nantinya tidak lagi,”ungkapnya.

Kembali pada penggunaan anggaran Rp1,5 miliar, Komaruddin menegaskan, pengerjaan tersebut dipastikan dimulai pada tahun 2009 ini juga, dan diharapkan dapat rampung sebelum memasuki tahun 2010 mendatang. “Untuk pengerjaan selanjutnya, mungkin ada bagian yang belum sempurna akan dilakukan pada tahapan selanjutnya.

Mudahan saja, ada pihak swasta yang berminat. Apalagi kawasan itu sangat strategis, berada di perempatan dan berada di samping Jembatan flyover,” pungkasnya. Sebelumnya,Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan, penyediaan taman kota akan terus dilakukan.

Selain untuk memperindah kota, juga menyediakan ruang yang segar dan hijau bagi udara dalam kota. “Palembang ini, setidaknya dibangun beberapa taman lagi.Kalau untuk kolam kecil di samping masjid Taqwa, Provinsi yang akan bangunnya,” katanya sembari menyebutkan, dunia sangat mendukung upaya pembangunan taman hijau dan segar. (berli zulkanedi/sindo)

Sumber tulisan : www.seputar-indonesia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...