CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

16 November 2009

Halte Bus Trans Musi Palembang

Salah satu bangunan halte yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun
PALEMBANG, - Segenap warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, bakal menikmati layanan transportasi perkotaan yang baru melalui pengoperasian sistem transportasi bus rapid transit atau BRT Transmusi. Namun, warga juga harus bersabar karena pemerintah daerah menunda pengoperasian BRT Transmusi ini hingga awal 2010 mendatang, dari rencana semula Desember 2009 ini.

Demikian disampaikan Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra dan Kepala Bidang Transportasi Jalan dan Rel Dishub Kota Palembang Agus Supriyanto, secara terpisah, di Palembang, Rabu (25/11). Eddy mengatakan bahwa sembari menunggu kedatangan 30 unit bus Transmusi ke Kota Palembang, pihak pemerintah tengah membangun kesiapan infrastruktur yakni halte bus.

"Sekitar dua halte utama dibangun di ruas jalan protokol Sudirman. Ditargetkan selesai bulan depan, sehingga bisa langsung digunakan pada awal 2010 mendatang, pada saat unit busnya sudah lengkap," katanya.

Sistem transportasi yang meniru konsep Busway di Jakarta dan TransJogja di Yogyakarta ini dilengkapi fasilitas AC serta mengutamakan aspek kenyamanan dan keamanan. Mengenai tarif belum diputuskan Pemerintah Kota Palembang, namun diperkirakan di atas Rp 3.000 per orang.

Hingga akhir November 2009, baru ada 20 unit bus Transmusi yang sudah sampai di Kota Palembang . Dengan demikian, masih ada 10 unit bus lagi yang belum dikirim pihak Departemen Perhubungan di Jakarta. Pemerintah merencanakan ada 30 unit bus Transmusi yang akan beroperasi di jalan-jalan Kota Palembang.

"Karena unit busnya belum lengkap dan masih dalam proses pengiriman ke Palembang, maka pengoperasian bus Transmusi ini diundur hingga Januari 2010, dari jadwal semula Desember 2009," kata Eddy. 


Sumber : kompas.com

1 komentar:

  1. Suatu rencana yang bagus banget tu... tapi bagaimana dengan alat transportasi lainnya seperti bis kota dan angkot yang melewati jalur yang sama ?? apa tidak akan terjadi rebutan penumpang....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...