CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

18 Maret 2009

Danau OPI Jakabaring, Palembang



eindahan tempat ditunjang kulinernya yang beragam membuat Danau Opi ideal sebagai tempat berlibur
Anda pernah mendengar Danau Opi? Nama itu mungkin masih terasa asing bagi Anda. Tapi Anda tentu sudah akrab dengan nama Jakabaring. Jakabaring belakangan ini sering disebut-sebut dalam kasus suap Wisma Atlet. Di tempat inilah wisma itu dibangun. Nah, di daerah ini pula Danau Opi itu berada, tepatnya di Jakabaring Palembang.  Lokasinya berada di tengah Komplek perumahan eks penampungan Atlit Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004. 

Bila anda ke Palembang, tak lengkap rasanya tanpa singgah dan menikmati wisata air di Danau Opi, Jakabaring. Pesona danau dan hembusan angin semilir akan membawa anda bebas dari atmosfer kota yang penuh sesak dan polusi. Di hilir danau, anda akan menemukan dermaga-dermaga kayu yang disusun sederhana. 

Dan pada bagian tepi dermaga berjajar rumah makan-rumah makan tradisional yang siap menyuguhkan berbagai masakan khas Palembang. Tak sekadar itu, anda juga dapat menikmati pesona Danau Opi dengan menggunakan sampan-sampan yang dapat anda sewa di bagian pinggir danau. Sampan itu akan menuntun anda menjelajahi sudut-sudut Opi yang masih perawan. 

Danau OPI kondisinya relatif bersih, dan menjadi pilihan remaja Kota Palembang untuk menghabiskan senja dan sore hari menikmati pemandangan di sekeliling danau. Danau OPI menjadi salah satu alternatif pilihan tempat wisata air selain Sungai Musi di Palembang. Danau ini juga mulai dilirik dan ramai didatangi para wisatawan.

Bagi anda yang lebih suka menikmati indahnya Danau Opi dengan penuh tantangan, dapat menyewa banana boat yang disediakan di bibir danau. Angin-angin semilir yang akan menjadi teman anda di sepanjang danau dapat anda manfaatkan untuk menerbangkan layang-layang raksasa yang bisa anda dapatkan di warung-warung kecil di sekitar danau, dengan harga terjangkau.

Yang tak akan terlupakan bagi setiap pelancong ketika singgah di Danau Opi adalah ketika berburu buah tangan khas Palembang. Uniknya, anda akan menemukan berbagai anyaman khas Palembang yang terbuat dari tanaman air, yaitu eceng gondok yang sudah dikeringkan. Misalnya saja: tikar, vas bunga, hiasan dinding dan banyak lagi. Buah tangan ini bisa anda beli di rumah cinderamata yang tersedia di sekitar danau.

Menuju Danau Opi

Danau Opi, merupakan sebuah kawasan wisata di daerah Jakabaring, Palembang, Sumatera-Selatan. Untuk menuju ke sana, butuh waktu tempuh kurang lebih lima belas menit dari pusat Kota Palembang. Dari Jembatan Ampera kita bisa menggunakan bus dengan tujuan Jakabaring. Atau jika ingin simple dan langsung sampai, kita bisa menggunakan bajaj yang ongkosnya tidak akan menguras kantong.

Sejarah

Pada awalnya, Danau OPI ini dibuat oleh pemerintah Kota Palembang untuk kegiatan PON dalam olah raga dayung. Panjangnya sekitar 517 meter dan lebarnya 200 meter. Kini, Danau OPI dipersiapkan untuk cabang olah raga layar dan jet sky untuk event olah raga Asia. Trek layar yang dibangun di Danau OPI ini akan menjadi wisata tersendiri nantinya ketika event olah raga internasional tersebut digelar. Tetapi saat ini, pengunjung tetap dapat menikmati keindahan Danau tersebut meskipun belum ada pertandingan atau kompetisi olah raga yang digelar. Danau OPI adalah danau buatan, dan pembangunannya saat ini tidak bergantung dari APBD melainkan datang dari para investor. Kondisinya lebih jernih dan teratur, dengan tawaran kegiatan yang lebih banyak bisa dilakukan di Danau OPI. Anda bisa naik perahu berkeliling danau, naik sepeda air, water boom perahu layar dan karet, banana boat, hingga mencoba naik jet ski. Bagi yang berminat, untuk liburan bersama keluarga, cukup mengeluarkan Rp50 ribu buat menyewa perahu perahu bebek selama satu jam. Perahu karet sewanya Rp10 ribu per orang, lalu water boom Rp15 ribu per orang, serta banana boat Rp20 ribu per orang. ins 
 
Sumber tulisan : surabayapost.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...