CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

25 Maret 2009

IAIN Raden Fatah Palembang

Kampus IAIN Raden Fatah  Palembang


Sejarah Ringkas IAIN Raden Fatah

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah yang kita saksikan wujudnya dewasa ini adalah buah dari bakti banyak pihak yang concern terhadap lembaga Pendidikan Tinggi Islam ini. Agar tapak dan jejak langkah para pendahulu, pelanjut dan pelaksana hari ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi kemudian, maka ide menuliskan sejarah perkembangan lembaga ini sangat signifikan. Berikut ini disajikan sketsa mengenai asal-asul keberadaan IAIN Raden Fatah dan lembaga-lembaga yang pernah ada di dalamnya dalam rentang waktu selama 38 tahun.

IAIN Raden Fatah berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 1964 Tanggal 22 Oktober 1964 dan acara peresmian pembukaan dilaksanakan pada tanggal 13 Nopember 1964 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Propinsi Sumatera Selatan.

Asal-usul berdirinya IAIN Raden Fatah erat kaitannya dengan keberadaan lembaga-lembaga pendidikan tinggi agama Islam yang ada di Sumatera Selatan dan dengan IAIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta serta IAIN Syarif Hidayatullah di Jakarta. Karena IAIN Raden Fatah merupakan gabungan dari lembaga-lembaga pendidikan tinggi agama Islam yang sudah ada, yaitu Pertama, Fakultas Hukum Islam dan Pengetahuan Masyarakat. Berdirinya fakultas ini digagas oleh tiga orang ulama, yaitu K.H.A. Rasyid Sidik, K.H. Husin Abdul Mu’in dan K.H. Siddik Adim pada saat berlangsung muktamar ulama se Indonesia di Palembang tahun 1957. 

Gagasan tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan agar umat Islam di daerah ini memiliki lembaga pendidikan tinggi dalam kajian keislaman. Gagasan itu mendapat sambutan luas baik dari pemerintah propinsi maupun peserta muktamar sehingga pada hari terakhir muktamar, tanggal 11 September 1957 dilakukan peresmian pendirian Fakultas Hukum Islam dan Pengetahuan Masyarakat. Kemudian ditetapkan K.H. A. Gani Sindang sebagai Ketua Fakultas dan Muchtar Effendi sebagai Sekretaris. Untuk menyantuni operasional fakultas, setahun kemudian dibentuk Yayasan Perguruan Tinggi Islam Sumatera Selatan (Akte Notaris No. 49 Tanggal 16 Juli 1958) yang pengurusnya terdiri dari pejabat pemerintah, ulama dan tokoh-tokoh masyarakat. 

Pada tanggal 25 Mei 1961 Fakultas ini ditingkatkan statusnya menjadi fakultas negeri dengan nama Fakultas Syari’ah IAIN Palembang dengan mengangkat K.H. Ahmad Bastari sebagai Dekan. Fakultas ini cabang IAIN Yogyakarta (sebelumnya bernama PTAIN Yogyakarta) dibawah pimpinan Prof. R.H.A. Sunaryo, S.H sebagai Presiden Al-Jamiah. Kemudian sejak tanggal 1 Agustus 1963 Fakultas Syari’ah tersebut dialihkan menjadi fakultas cabang IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dibawah pimpinan Rektor Prof Drs. Soenarjo sekaligus mengangkat Prof. K.H. Ibrahim Hosen, LML sebagai Dekan. Berbarengan dengan dinegerikannya Fakultas Syariah ini diresmikan juga pendirian Sekolah Persipan IAIN Al-Jami’ah dan mengangkat Drs. Ahmad Zaidan Zauhari (pensiun dan sekarang tinggal di Jakarta) sebagai direktur pertama. 

Kedua, Fakultas Tarbiyah yang didirikan oleh Yayasan Taqwa Sumatera Selatan. Pada tahun 1963 fakultas ini ditingkatkan statusnya menjadi fakultas negeri dengan nama Fakultas Tarbiyah IAIN berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 86 Tahun 1964 Tanggal 20 Oktober 1964. Ketiga, Fakultas Syari’ah Swasta di Jambi juga ditingkatkan statusnya menjadi fakultas negeri dengan nama Fakultas Syari’ah IAIN berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 86 Tahun 1964 Tanggal 20 Oktober 1964 sebagai fakultas cabang IAIN Raden Fatah. Keempat, Fakultas Tarbiyah Swasta di Tanjung Karang yang dinegerikan menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN sebagai fakultas cabang IAIN Raden Fatah. Kelima, Fakultas Ushuluddin Swasta di Curup yang dinegerikan berinduk ke IAIN Raden Fatah.

Sumber Tulisan : IAIN Raden fatah

2 komentar:

  1. kuliah di iain raden fatah palembang bagus saya nanti juga ingin kuliah di iain yang pertama saya senang mempelajari tentang keislaman habis lebaran puasa saya ingin mendaptar boleh nggak kalau setelah lebaran ,nama saya ropiah asal sekolah sma.n.1madang suku 2 kota negara no.hp.085272163684 saya ingin sekali kuliah di iain kalau boleh telepon saya yang dektorat nya terima kasih

    BalasHapus
  2. smangat iain ku......^_*

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...