CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

24 Maret 2009

Helikopter Polisi

Gedung Polda Sumsel di KM 4,5
 
Helikopter yang biasanya di gunakan untuk mengantar dan menjemput tamu negara yang akan berkunjung di Palembang sepertinya saat hari Minggu kemaren juga di gunakan, pernah dulu saat kunjungan SBY ke kantor kami repot untuk membuat Helipad untuk pendaratan heli yang satu ini, dan di detik terakhir justru sang presiden naik mobil BMW, jadi helipadnya ngganggur.....hehehehe.

--------------------

Dolphin, Helikopter canggih milik kepolisian

Helikopter Dolphin Foto : reinhardjambi.wordpress.com

Polri makin memperkuat Alutsistanya dengan memperlengkapi produk – produk tercanggih saat ini, salah satunya dengan menambah jajaran Polisi Udaranya dengan Helicopter Dolphin, Aerospatiale Helicopter Corporation atau American Eurocopter yaitu helikoter buatan Perancis yang diproduksi di Amerika Serikat. Tidak bisa dipungkiri Helikopter ini adalah helikopter tercanggih yang ada di Indonesia sekarang ini, Jenis Helikopter ini selama ini merupakan andalan United States Coast Guard (USCG) dalam melaksanakan tugasnya menjaga seluruh pesisir pantai Amerika Serikat.

Apa sih yang membuat helikopter dikategorikan canggih ? Helicopter Dolphin menggunakan “Computerized flight management system”, yang mengintegrasikan sistem komunikasi yang berkelas dengan peralatan navigasi. Pada kedudukan sang pilot, sistem ini dapat memungkinkan helikopter melayang stabil pada ketinggian 15 meter diatas sebuah objek.  Juga Helikopter ini mempunyai sistem keamanan yang sangat baik pada saat cuaca gelap dan cuaca sangat buruk. (Selama ini hal yang paling membuat jeri penerbang helikopter adalah terbang malam atau terbang dalam cuaca buruk, namun Dolphin bisa mengatasi kendala ini ), hal yang menjadi kelebihan dari Helikopter Dolphin adalah satu – satunya Helikopter yang mempunyai Autopilot yang selama ini kita kenal hanya ada pada pesawat fixed wing . Hal yang unik dari Helicopter ini adalah rotor pada ekornya dengan 11 blades berputar dalam tempat kedudukan ekornya.


Karakteristik Umum Dolphin Helicopter
* Crew: 2 pilots and 2 crew
* Panjang: 38 ft 2 in (11.6 m)
* Rotor diameter: 39 ft 2 in (11.9 m)
* Tinggi: 13 ft 3 in (4.0 m)
* Berat Kosong: 5,267 lb (2,389 kg)
* Berat Maximum take Off: 9,480 lb (4,300 kg)
* Mesin: 2× Turbomeca Arriel 2C2-CG turboshaft, 934 shp (697 kW) each
Kemampuan
* Kecepatan Maximum: 165 knots, 190 mph (306 km/h)
* Jangkauan: 356 nmi, 409 mi (659 km)
* Ketinggian Maximum: 15,000 ft (4,573 m)
Persenjataan (tambahan apabila diperlukan)
* 1 x 7.62 mm M240 machine gun
* 1 x M107-derived .50-caliber precision rifle

Penggunaan helikopter canggih ini memang dirasakan perlu buat Polri, karena spesifikasinya cocok untuk tugas – tugas Seperti search and rescue, pengawasan pergerakan kriminalitas lintas batas, Terorisme, Drugs Trafickking, People Smuggling, dan Human Traficcking dan memang nyata – nyata telah dipercaya United States Coast Guard (USCG) sebagai Alutsista utamanya.

Walaupun masih tergolong baru dalam jajaran Polisi Udara Polri, Helikopter Dolphin sudah banyak membantu tugas Polri dalam banyak tugas – tugas keamanan dalam negeri, salah satu yang terakhir adalah dalam operasi penangkapan teroris di Aceh. Mudah – mudahan Polri akan semakin Profesional dengan Alutsista yang sesuai dengan perkembangan zaman, selamat !

Sumber tulisan dan foto Dolphin : reinhardjambi.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...