CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

24 Januari 2009

Buah Cempedak



Paling benci kalu makan buah ini, kerena sering kena getahnya, kalu mau makan di preteli satu persatu, biar getahnya tidak ikut kemakan.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cempedak Goreng Crispy

Cempedak Goreng Crispy
Cempedak Goreng Crispy

Dilihat dari bentuk, sekilas buah cempedak ini dari bentuk buah, rasa serta keharuman seperti buah nangka, tetapi aromanya lebih menusuk kuat mirip buah Durian. Karena bentuk buahnya tidak berukuran besar seperti nangka dan agak licin, biasanya buah ini dimakan dalam keadaan segar ataupun dijadikan camilan minum teh atau kopi dengan cara menggorengnya.

Biji buah inipun bisa dimakan dengan cara direbus settelah terlebih dahulu direndam semalaman untuk menghilangkan lendirnya dan direbus dengan sedikit membubuhi garam. Dan orang menyebutnya dengan nama bii beton. Cara pengolahan cempedak biasanya digoreng tanpa membuang bijinya dengan terlebih dahulu dicelupkan kedalam larutan tepung terigu yang sudah terlebih dibumbui dengan sedikit garam. Tetapi kali ini saya akan mengolah cempedak goreng ini lebih sedikit crispy dengan terlebih dahulu membuang bijinya sehingga lebih krenyes krenyes pada saat digigit.

Bahan :
  • Daging buah cempedak dibuang bijinya
  • Tepung bumbu siap pakai Tepung roti


Cara Membuatnya :
  • Lumuri cempedak dengan tepung berbumbu kering sisihkan Buat adonan celupan dengan menyisihkan sebagian tepung berbumbu dan melarutkannya denga sedikit air.
  • Celup cempedak yang telah dilumuri dengan adonan berbumbu kering kedalam adonan celup. Segera lumuri denga tepung roti sampai daging buah tertutup dengan sempurna Simpan beberapa saat dalam frezeer, supaya agar lebih padat dan kaku.
  •  Panaskan minyak dan goreng dengan api kecil sampai berwarna kuning keemasan.
  • Angkat dan hidangkan. 
Sumber resep : http://www.kompasiana.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...