CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

22 November 2007

Sejarah Eks Gedung BP 7 / Museum Textil Palembang

Rumah walikota (burgemeester) ke Palembang dinyalakan untuk merayakan perkawinan Putri Juliana 1937 Sumber: Kitlv.nl
Suasana bekas Gedung Eks-BP7, demikian masyarakat memberi nama sebutan bangunan yang terletak di Jl Tasik No 2148 RT 60 RW 17 Kelurahan 26 Ilir, dimana sekarang di jadikan museum textil Palembang tetapi belum di buka untuk umum.

Gedung yang dibangun oleh kolonial Belanda, sebagai kantor Gubernur pemerintahan Hindia Belanda di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) itu, telah memerankan beberapa lakon dalam perjalanan waktu yang cukup panjang.

Pada tahun 1961 pernah menjadi kantor inspektorat kehakiman, lalu Kejaksaaan Tinggi (Kejati) Sumsel, rumah kediaman Ketua DPRD Sumsel, kantor Pembantu Gubernur, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), BP7, dan terakhir kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda). Dan sekarang didalam kerentaannya di renovasi dan akan di jadikan museum textil.

Memang beberapa waktu lalu Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Palembang berkantor sementara disana, sembari menunggu rampungnya kantor mereka di Jl Merdeka.Bangunan “BP7” merupakan bangunan lama dan berdiri diatas lahan sekitar 2000 meter persegi

Sumber tulisan : Di rangkum dari berbagai tulisan
Sumber Foto Lama : kitlv 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...